Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (7/4) mulai dari opsi untuk melakukan sayembara desain Istana Negara yang akan dibangun di ibu kota negara baru di Kalimantan Timur hingga potensi 81 juta orang yang akan pulang ke kampung halaman pada libur panjang Lebaran 2021 jika tak ada larangan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Pemerintah buka opsi sayembara desain Istana Negara di ibu kota baru

Pemerintah membuka opsi untuk melakukan sayembara desain Istana Negara yang akan dibangun di ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

“Nanti kita lihat apakah akan membuat sayembara istana negara atau sayembara arsitek dari gagasan bentuk garuda atau bagaimananya, nanti akan kita pikirkan,” ujar Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat wawancara daring bersama ANTARA di Jakarta, Rabu.

 

2. Kemenperin sebut 4,4 juta IKM potensial jadi pasar startup

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih menyampaikan unit usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) saat ini mencapai 4,4 juta unit usaha, yang berpotensi untuk tersentuh para startup nasional.

“Ini menunjukkan sektor IKM dapat menjadi untapped market bagi para startup,” kata Gati pada Pra-Konferensi Indonesia Partner Country Hannover Messe 2021 secara virtual di Jakarta, Rabu.

 

3. Pemerintah siapkan Rp500 miliar subsidi ongkir belanja daring Lebaran

Pemerintah menyiapkan dana Rp500 miliar untuk menyubsidi ongkos kirim (ongkir) dari pembelian barang melalui daring (online) pada H-10 atau H-5 menjelang Idul Fitri 1422 Hijriah, guna menstimulus konsumsi masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Rabu, mengatakan pemerintah menyiapkan pagelaran Hari Belanja Nasional pada H-10 dan H-5 untuk penjualan barang produk dalam negeri.

 

4. Menhub: Bila tidak dilarang, 81 juta orang bakal mudik Lebaran

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut bila pemerintah tidak mengeluarkan larangan mudik maka akan ada 81 juta orang yang akan pulang ke kampung halaman pada libur panjang Lebaran 2021.

"Kami sampaikan bahwa Kementerian Perhubungan melakukan suatu survei terhadap sejumlah responden yang banyak, hasilnya bila tidak ada larangan mudik maka 33 persen orang masih mudik. Artinya ada 81 juita orang akan mudik," kata Menhub Budi Karya di Kantor Presiden Jakarta, Rabu.

 

5. Sudah diberi stimulus, Airlangga ingatkan pengusaha wajib bayar THR

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan dunia usaha untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pekerja menjelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H, karena pemerintah sudah memberikan banyak stimulus untuk meringankan beban usaha selama pandemi COVID-19.

“Salah satu untuk dorong konsumsi jelang Lebaran adalah pemberian THR ke karyawan, disampaikan sudah waktunya pihak swasta berikan THR karena berbagai kegiatan sudah diberikan,” kata Airlangga Hartarto usai sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

 

Baca juga: Menteri PPN : Ibu kota baru bantu geliatkan ekonomi
Baca juga: Pemerintah buka opsi sayembara desain Istana Negara di ibu kota baru
Baca juga: Gubernur Khofifah ingatkan perusahaan Jatim tak mencicil THR pekerja


Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021