Boston (ANTARA News) - The Management Tip of the Day menawarkan kiat-kiat manajemen cepat nan praktis dari Harvard Business Review dan HBR.org (http:www.hbr.org).

"Di dunia yang kini dilanda krisis finansial, fluktuasi mata uang dan ancaman teroris, bersiap menghadapi hal-hal tidak terduga tak saja menjadi unsur keahlian kepemimpian yang baik, namun juga diharuskan," demikian Harvard Business Review seperti dikutip Reuters Life, Jumat.

Berikut tiga cara bagaimana Anda bisa meningkatkan respons dalam menghadapi dan meminimalkan dampak gangguan-gangguan tidak terhindarkan terhadap perusahaan Anda:

1. Siapkan rencana cadangan. Anda tidak selalu bisa mempersiapkan Rencana B sehingga Anda harus memiliki pendekatan alternatif yang bisa membantu Anda keluar dari masalah. Manakala rencana-rencana aktual tak tersedia, keluwesan mental bisa membantu Anda dalam memberi respons yang lebih cepat.

2. Percepat alur komunikasi. Informasi diperlukan untuk memajukan perusahaan Anda menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Carilah cara-cara yang bisa Anda dapatkan, dan sebarkan data dalam rentang siklus yang pendek saja.

3. Tanamkan nilai. Nilai-nilai membantu Anda mengetahui hal baik yang mesti dilakukan tanpa diperintah dulu atau menunggu izin (atasan). Nilai juga membuat perusahaan terikat dalam kebersamaan tatkala hal-hal mengejutkan menimpa perusahaan, sehingga membantu perusahaan pulih dengan lebih cepat." (*)

Reuters/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010