Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengimbau kepada kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020 untuk menghindari perilaku koruptif dan menjalankan amanah sebaik-baiknya.
 
"Para kepala daerah yang telah dilantik agar menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, menghindari korupsi, dan sedapat mungkin menunaikan janji-janji politiknya," kata Mahfud saat memberi arahan secara virtual kepada 184 kepada daerah hasil Pilkada 2020 di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu.
 
Mahfud juga meminta pemerintah daerah selalu berkoordinasi dan bersinergi dalam kebijakan pengamanan di wilayahnya, serta turut mendukung dan mengimbau kepada masyarakat terkait dengan kebijakan larangan mudik Lebaran.

Baca juga: Kepala daerah terpilih dibekali soal stabilitas politik hingga pandemi
 
Menurut Mahfud, kondisi daerah yang stabil juga sangat menentukan jalannya roda pemerintahan.
 
"Perlu sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sinergi sangatlah penting karena tanpa bersinergi, kebijakan antara pusat dan daerah mustahil diimplementasikan," ujar Mahfud.
 
Dalam kesempatan ini, Mahfud meminta pemerintah daerah melakukan pengetatan dan penegakan protokol kesehatan, terutama selama bulan puasa dan Lebaran tahun ini.
 
"Kepala daerah yang terpilih dalam pilkada merupakan mandataris rakyat yang perlu kita jaga legitimasinya," tutur Mahfud.

Baca juga: Mendagri imbau kepala daerah terpilih kendalikan laju COVID-19

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021