mengimbau agar warga DKI Jakarta  bahu-membahu mengulurkan tangan dalam membantu korban kebakaran
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambangi lokasi pengungsian korban kebakaran di Jalan Keadilan Dalam I Keagungan, Taman Sari, Jakarta Barat pada Senin dini hari (19/4).

Berdasarkan foto pada cuitan pada akun arizapatria, Senin, Wagub tampak berjalan didampingi Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta Sabdo Kurnianto serta jajaran menuju lokasi pengungsian yang disebut pada keterangan foto berlokasi di areal SMP Muhammadiyah 32 Jakarta.

Baca juga: Kebakaran di Taman Sari hanguskan 112 rumah warga

"Duka mendalam kami sampaikan untuk seluruh korban, keluarga korban, dan warga terdampak," ujar Riza pada keterangan foto yang diunggah pada akun twitter arizapatria tersebut.

Riza mengatakan sementara ini ada lima warga yang mengalami luka-luka akibat peristiwa nahas tersebut. Dua orang langsung dirujuk ke Puskesmas Taman Sari, sedangkan tiga warga lainnya ditangani di lokasi.​​​​​

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan sejumlah instansi lintas dinas untuk membantu korban kebakaran di Taman Sari tersebut.

Baca juga: Damkar Jakbar kerahkan 23 kendaraan pemadam atasi kebakaran Taman Sari

Instansi yang disebut antara lain Tim Reaksi Cepat BPBD, Tim PLN, dua Tim Palang Merah Indonesia, 3 Unit Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana/ Taruna Siaga Bencana Dinas Sosial, personel Polsek Taman Sari, dan personel Komando Rayon Militer (Koramil) 01/ Tamansari. "Kebutuhan mendesak yang terus kami penuhi antara lain terpal, selimut, dan lain-lain untuk warga yang mengungsi. Terima kasih untuk seluruh petugas lintas dinas, terima kasih untuk keluarga besar SMP Muhammadiyah 32," kata Riza.

Riza juga mengimbau agar warga DKI Jakarta  bahu-membahu mengulurkan tangan dalam membantu korban kebakaran untuk memenuhi kebutuhan mereka yang mendesak melalui gerakan kolaborasi masyarakat.

Baca juga: Puluhan rumah terbakar di Taman Sari Jakarta

"Kami mengimbau, kita semua bergotong-royong memenuhi kebutuhan mendesak, membangun kembali pemukiman warga lewat kolaborasi masyarakat, corporate social responsibility (CSR) perusahaan, dan lain-lain," kata Riza.

Sebelumnya, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat memperkirakan kebakaran di Jalan Keadilan Dalam I, Keagungan, Taman Sari, Jakarta Barat, menghanguskan 112 petak rumah tinggal milik warga pada Minggu.

"Informasi data sementara perkiraan bangunan yang terbakar sebanyak 112 rumah tinggal di RW 01 dan RW 02 Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat," ujar Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Eko Sumarno melalui pesan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan warga yang terdampak peristiwa kebakaran itu mencapai 250 Kepala Keluarga (KK) di RT 001 dan 005 di RW 01 serta RT 004, 005, 006, 007, 008 di RW 02. Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini.

Api sudah dipadamkan oleh 124 personel Sudin Gulkarmat Jakarta Barat dengan pengerahan 23 unit kendaraan pemadam kebakaran.

Situasi terakhir yang dilaporkan bahwa petugas masih melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021