KSPI: Buruh senang ada fasilitas tes usap antigen saat May Day

KSPI: Buruh senang ada fasilitas tes usap antigen saat May Day

Peserta peringatan Hari Buruh mengikuti tes usap antigen yang disediakan Polda Metro Jaya di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengaku bahwa buruh-buruh merasa senang dengan adanya fasilitas tes usap antigen yang disediakan Polda Metro Jaya pada peringatan Hari Buruh atau May Day.

"Bagi kami buruh senang, mahasiswa juga senang sehingga dipastikan orang yang hadir sehat," kata Said Iqbal di Silang Monas Jakarta Pusat, Sabtu.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya antar perwakilan buruh menuju MK

Said Iqbal menyatakan dukungannya terhadap upaya pemerintah menurunkan kasus positif COVID-19 salah satunya dengan memeriksakan diri sebelum menyalurkan aspirasi.

Para buruh, lanjut dia, juga menerapkan protokol kesehatan agar dua tujuan tercapai yakni aspirasi tersalurkan dan kesehatan juga tetap dijaga.

"Kami di sini mayoritas sudah antigen, di rumah semalam pas jam Magrib sampai Isya dan mereka bawa surat antigen resmi. Kami menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak sama hand sanitizer," katanya.

Baca juga: Pengusaha harap Hari Buruh diisi kegiatan tingkatkan kapasitas pekerja

Polda Metro Jaya mendirikan dua tenda untuk pemeriksaan COVID-19 melalui tes usap antigen yang dilayani dua petugas medis dan didukung sejumlah personel Biddokes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Metro Jaya.

Tenda pemeriksaan itu disediakan di Silang Monas dan di Patung Kuda Jalan Merdeka.

Sementara itu, perwakilan buruh melanjutkan aspirasinya ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Peserta aksi buruh ikuti tes usap antigen

Setelah dari MK, perwakilan buruh yang terdiri dari perwakilan KSPI dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) melanjutkan aspirasi ke Istana Negara.

Said Iqbal menjelaskan peringatan Hari Buruh yang dilaksanakan di Silang Monas berakhir hingga pukul 13.00 WIB.
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021