Menko PMK apresiasi penyekatan mudik di GT Cikupa Tangerang

Menko PMK apresiasi penyekatan mudik di GT Cikupa Tangerang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhajir Effendi di dampingi Bupati Tangerang Zaki Iskandar dan Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintaro, Dandim 0510/Tigaraksa, Letkol Inf Bangun Siregar saat meninjau posko penyekatan larangan mudik di GT Cikupa, Kabupaten Tangerang. ANTARA/Azmi Samsul Maarif.

Tangerang (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi mengapresiasi proses penyekatan larangan mudik Lebaran di posko Gerbang Tol (GT) Cikupa, Kabupaten Tangerang berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya konflik.

"Semuanya sangat bagus dari aparat Polri/TNI maupun dari Dinas Kesehatan dan Dishub serta Pol PP sudah bekerjasama dengan sangat baik, pemeriksaannya juga sangat cermat kemudian cara penyelesaian juga sangat bagus tapi tidak menimbulkan konflik atau perdebatan," kata Menko Muhajir usai meninjau posko penyekatan larangan mudik di GT Cikupa, di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan dalam proses pelaksanaan pengamanan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas di lapangan dinilai berjalan dengan cermat dan baik, sehingga tidak menimbulkan kekisruhan cukup serius antar calon pemudik maupun dengan pengendara lainnya.

"Jadi ada jalur khusus sendiri untuk pemeriksaan lebih ketat lagi, saya kira ini cara yang bagus tidak perlu ada konflik antar calon pemudik, sudah sangat bagus penanganan yang dilakukan oleh petugas," ujarnya.

Baca juga: Dishub kota tangerang putar balik 313 kendaraan hendak mudik

Baca juga: Truk pengangkut motor yang bawa pemudik diamankan polisi di Tangerang


Menurutnya, di posko penyekatan GT Cikupa ini merupakan jalur perbatasan dengan Jakarta, sehingga perlu adanya keseriusan serta kecermatan dari petugas itu sendiri untuk mengetahui mana yang hendak mudik ataupun karyawan bekerja.

Ia juga mengapresiasi pelaksanaan protokol kesehatan telah dijalankan secara patuh oleh petugas maupun pengguna jalan. Hal itu sebagai upaya untuk mencegah penularan atau munculnya kluster baru COVID-19.

Dalam peninjauan posko penyekatan larangan mudik tersebut Menko PMK didampingi langsung oleh Bupati Tangerang Zaki Iskandar dan Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintaro serta Dandim 0510/Tigaraksa, Letkol Inf Bangun Siregar.*

Baca juga: PMI Kota Tangerang siagakan motor respon di jalur penyekatan

Baca juga: Puluhan kendaraan diputar balik di jalur perbatasan Tangerang
Pewarta : Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021