Tanah Bumbu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tambu), Kalimantan Selatan, menjamin ketersediaan pangan atau sembilan bahan pokok (Sembako), dan obat-obatan bagi para korban banjir di Kecamatan Satui.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan Bupati Tanah Bumbu H. Zairullah Azhar untuk menginformasikan perkembangan bencana banjir di wilayah tersebut. Kami pastikan ketersedian pangan dan obat-obatan cukup," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu Eryanto Rais, di Batulicin, Ahad.

Baca juga: BPBD Banjarmasin siagakan bantuan untuk banjir di Satui Tanah Bumbu

Semua bahan makanan seperti beras, minyak goreng, mi instan, bawang, air bersih, obat-obatan dan lain sebagainya sudah disiapkan pemerintah daerah.

Agar masyarakat mudah mendapatkan bahan pangan tersebut, pemerintah daerah telah menyiapkan tiga unit dapur umum yang terletak di Desa Sungai Danau, Desa Sinar Bulan dan Desa Sungai Danau bagian timur.

Dapur umum tersebut sebagai sarana masyarakat untuk mendapat makanan dan obat-obatan yang cukup.

"Pemerintah daerah juga memastikan tidak ada korban jiwa pada musibah banjir tersebut," ujarnya.

Baca juga: Basarnas evakuasi 5.308 jiwa korban banjir Satui

Hingga saat ini seluruh masyarakat yang terdampak banjir dapat terpantau dengan aman oleh putugas.

Eryanto Rais meminta kepada perusahaan yang ada di Tanah Bumbu untuk ikut andil dan memperhatikan kondisi para korban banjir dengan menyediakan bantuan.

Semenetara itu, akibat banjir bandang di Kecamatan Satui sejak Kamis (14/5) mengakibatkan 3.891 kepala keluarga atau sekitar 14.433 jiwa ikut terdampak. ***3***

Baca juga: Belasan ribu jiwa di lima desa terdampak banjir Satui, Kalsel
Baca juga: Sungai Satui dan Haruyan meluap, banjir landa 2 kabupaten di Kalsel

Pewarta: Imam Hanafi/sujud mariono
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2021