Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada seluruh kadernya untuk solid dan bekerja semaksimal mungkin untuk kemenangan tiga kali berturut-turut di Pemilu 2024 nanti.

"Jangan lengah. Terus turun ke bawah. Solid dan semangat bekerja untuk rakyat. Terus perkuat persatuan karena ini pertarungan bagaimana ideologi Pancasila terus menjadi daya gerak perjuangan kita," ujar Megawati saat melakukan halal bihalal secara virtual dengan ratusan pengurus partai dan organisasi sayap partai dari seluruh Indonesia, seperti dikutip dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu.

Megawati yang berada di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, terus menegaskan sikapnya untuk terus memelototi kinerja para kader, khususnya para pengurus partai.

"Anda mengatakan tadi kalau anda siap. Kalau begitu, ayo. Karena saya akan awasi. Akan saya evaluasi tiap akhir tahun. Dari bawah sampai DPP saya loh. DPP saja saya evaluasi. Bukan hanya DPD dan DPC saja. Kalau anda tak laksanakan perintah Partai, lebih baik kirim surat mundur, diganti," tegas Megawati.

"Kembali, kita harus bekerja keras kalau kita ingin kita menang lagi di 2024," kata Megawati.

Baca juga: Survei Indometer: Elektabilitas PDIP masih unggul, PSI capai 5 persen

Dalam kesempatan itu, Megawati menyampaikan bahwa dirinya telah melakukan halal bihalal dengan Presiden Jokowi. awati mengungkapkan presiden datang ke kediamannya di Teuku Umar pada dua hari yang lalu. Presiden RI Kelima itu mengaku banyak bicara soal mudik lebaran lalu.

"Saya dan Pak Jokowi sama-sama prihatin bagaimana kedisiplinan terhadap prokes menurun, hal itu terlihat saat mudik," kata Megawati.

Baginya, pemerintah telah bertindak tepat dan bersikap baik ke rakyat karena pemerintah tidak hanya bekerja keras untuk memperkuat proses pencegahan virus, namun juga memperkuat perawatan di Puskesmas dan rumah sakit serta vaksinasi.

"Kita jangan sampai kendor berdisiplin seperti terlihat di India dimana penyebarannya sangat luas. Seluruh kader dan anggota partai harus berdisiplin dan sekaligus membantu masyarakat dan pemerintah. Saya sendiri memberi contoh, taat pada keputusan pemerintah untuk menjaga prokes. Saya sudah lebih dari 1 tahun 3 bulan tidak kemana mana," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Megawati juga berbicara soal isu stunting yang wajib mendapat perhatian dari para kader.

Putri Proklamator RI Bung Karno itu mendorong para pengurus untuk aktif membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan akan gizi, sehingga anak tak terkena stunting.

Baca juga: Survei: Elektabilitas PDIP tertinggi, PSI berada di papan tengah

Pada akhir pengarahannya Megawati menegaskan bagaimana kader partai terus bekerja keras, membangun semangat persatuan, turun ke desa-desa dan perkuat tali silaturahim dengan seluruh tokoh-tokoh mayarakat.

Megawati didampingi oleh para pengurus pusat partai di dalam silaturahmi yang digelar, yakni Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Wasekjen Sadarestuwati dan Utut Adianto, serta ketua DPP seperti Komaruddin Watubun, I Made Urip, Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning, dan Hamka Haq.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa pesan Megawati di halal bihalal virtual ini akan terus digemakan kepada seluruh kader serta simpatisan partai di seluruh Indonesia.

Khususnya menyangkut kedisiplinan menjaga prokes pencegahan covid dan semangat kerja keras agar menang di pemilu tiga kali berturut-turut. Yakni di pemilu 2014, 2019, dan nantinya di 2024.

"Dalam halal bi halal itu saya juga melaporkan bagaimana selama bulan Ramadhan, partai setiap hari sepanjang bukan puasa mengadakan kegiatan sahur dan buka puasa dengan menggali api semangat Para Wali Songo. Partai juga mengundang para kyai, tokoh dan cendekiawan Islam untuk berdialog tentang Islam sebagai rahmatan lil alamin," tegas Hasto.

Baca juga: PKS silaturahim kebangsaan ke PDIP, oposisi rajut semangat kebangsaan

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021