Salah satu upaya memanfaatkan potensi di Desa Wisata Coban Goa Jalmo, Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.
Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperkuat potensi desa wisata sebagai salah satu upaya memperluas pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni memanfaatkan potensi di Desa Wisata Coban Goa Jalmo, Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

"Destinasinya luar biasa, ada wisata kuliner, lokasi atau spot foto, serta revitalisasi kawasan kolam renang," ujar Kasi Pemberdayaan Ekonomi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Lianto, ketika dihubungi dari Surabaya, Kamis malam.

Saat ini, kata dia, Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Cendono Berkah masih dalam kategori berkembang, namun diharapkan segera naik kelas menjadi BUMDesa berkategori maju.

"Tentunya dengan adanya pendampingan selama lima bulan dari Klinik BUMDesa Jatim," ucap dia.

Pihaknya juga mengapresiasi PT HM Sampoerna serta Yayasan Rumah Kita Sidoarjo (YRKS) sebagai mitra Pemprov Jatim yang melakukan pendampingan di Desa Cendono dalam pengelolaan di Desa Wisata Coban Goa Jalmo.
Baca juga: Pemprov Jatim kembangkan desa wisata dongkrak sektor pariwisata
Baca juga: Khofifah luncurkan wisata paralayang dan agrowisata di Trawas


Sementara itu, Direktur Program Klinik BUMDesa Jatim Nova Haryanto mengatakan proses pemulihan ekonomi Desa Wisata Coban Goa Jalmo berlangsung sejak Januari 2021 dengan bantuan berupa pelatihan dan pendampingan intensif, baik secara daring maupun luring.

Program Klinik BUMDesa Jatim tahun ini, lanjut dia, fokus pada program pemulihan ekonomi daerah yang digalang oleh Pemprov Jatim.

"Tim klinik BUMDesa Jatim selama lima bulan terakhir telah memberikan pelatihan dan pendampingan, dengan memperkuat manajemen pengelola dan manajemen pemasaran serta penyusunan standar operasional prosedur wisata," tutur dia.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Wilayah Pasuruan, Probolinggo, Malang PT HM Sampoerna Roesdiyono Nizar mengaku senang dapat bersinergi dengan Pemprov Jatim dan YRKS untuk ikut membantu membangkitkan ekonomi desa pada sektor pariwisata.

"Masa pendemi ini membuat sektor pariwisata drop sehingga kami berharap kolaborasi dengan program pendampingan dan bantuan dapat membangkitkan ekonomi di desa," katanya.
Baca juga: Wagub Jatim ajak akademisi muda wujudkan desa wisata inovatif

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021