BRIN: Geodiversitas Karangsambung sebagai platform riset global

BRIN: Geodiversitas Karangsambung sebagai platform riset global

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko berbicara dalam Seminar Nasional "Geodiversitas Membangun Bangsa" yang dipantau di Jakarta, Kamis (03/06/2021).

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendukung pengembangan kawasan geodiversitas Indonesia di Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, sekaligus mendorong kawasan itu menjadi platform riset global ke depannya.

"Kita juga ingin bahwa Karangsambung akan menjadi rujukan internasional, rujukan global, menjadi platform global untuk para periset melakukan berbagai riset yang terkait di daerah sini," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam Seminar Nasional "Geodiversitas Membangun Bangsa" yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Handoko menuturkan pengembangan kawasan geodiversitas Indonesia di Karangsambung sesuai dengan salah satu target BRIN yakni menjadikan Indonesia sebagai pusat dan platform riset global berbasis sumber daya alam dan keanekaragaman lokal baik hayati, geografi, maupun seni budaya.

Target tersebut juga merupakan perwujudan dari salah satu arah BRIN ke depan yaitu untuk menciptakan ekosistem riset standar global terbuka (inklusif) dan kolabiratif bagi semua pihak termasuk akademisi, industri, komunitas dan pemerintah.

Handoko menuturkan dengan memahami dan mengeksplorasi geodiversitas maka dapat menjadi modal dasar ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan masa depan Indonesia.

Baca juga: LIPI bangun kawasan geodiversitas Karangsambung berskema SBSN

Baca juga: BRIN: Penelitian bidang konservasi tumbuhan terus ditingkatkan


Pembangunan kawasan geodiversitas Karangsambung ditujukan untuk menjadi pusat geodiversitas Indonesia, memfasilitasi kegiatan pengembangan teknologi yang terkait dengan ilmu kebumian, dan menyediakan fasilitas laboratorium terpadu untuk kegiatan edukasi ilmu kebumian.

Kawasan geodiversitas Indonesia di Karangsambung akan berfungsi sebagai rujukan utama bagi para pemangku kepentingan di bidang ilmu kebumian baik nasional/internasional, menyediakan database geodiversitas untuk riset dan penunjang studi ilmu kebumian di Indonesia, sebagai kawasan konservasi geodiversitas berkelas internasional, menjadi rock physical storage terlengkap di Indonesia.

Kawasan geodiversitas itu akan memainkan perannya sebagai laboratorium yang menunjang kegiatan riset, pendidikan serta membuka kesempatan kerja sama dengan pihak industri, lembaga riset dan para pemangku kepentingan terkait lainnya.

Kawasan geodiversitas tersebut juga akan menyediakan sarana dan prasarana kegiatan filedcamp kuliah lapangan mahasiswa.

Baca juga: BRIN dorong keanekaragaman hayati berdampak bagi ekonomi

Baca juga: BRIN didorong jadi motor pengungkit ekosistem riset berstandar global
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021