UNJ targetkan peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat

UNJ targetkan peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Komarudin dalam Riset Expo  dan  LPPM  Award  yang diselenggarakan UNJ di Jakarta, Rabu (9/6/2021). ANTARA/HO-dok pri.

Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Komarudin menargetkan peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga bisa masuk dalam peringkat 10 terbaik nasional.

“Pada awal Tahun 2021, UNJ sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) menjadi perguruan tinggi pertama yang memiliki predikat akreditasi 'unggul'. Predikat ini diharapkan menjadi cambuk bagi seluruh civitas academica untuk terus bersama-sama bekerja keras membangun UNJ dalam menggapai visi menjadi perguruan tinggi bereputasi di kawasan Asia,” ujar dia di Jakarta, Rabu.

Prestasi lainnya juga diperoleh UNJ, yaitu peringkat klasterisasi berada pada rangking 20 nasional.

Oleh karena itu, dia meminta civitas academica UNJ terus meningkatkan kerja kerasnya dalam mempertahankan dan meningkatkan kerja keras, terutama bidang penelitian.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNJ mengadakan Riset Expo dan LPPM Award untuk Tahun 2021, seperti tahun-tahun sebelumnya tetapi dengan penyuguhan berbeda, yaitu secara 3D Gallery Virtual, dengan tema “Mewujudkan Produk Penelitian Inovatif dan Unggul”.

Baca juga: Rektor UNJ dikukuhkan menjadi guru besar pembelajaran PPKn

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNJ Prof Dr Ucu Cahyana MSi mengatakan penelitian pada dasarnya berupaya mengatasi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Oleh karenanya dalam kegiatan UNJ Virtual Riset Expo ini, LPPM menghadirkan berbagai produk penelitian unggulan dari seluruh civitas academica UNJ baik dalam bidang pendidikan maupun dalam sains dan teknologi. Tujuannya adalah agar makin banyak civitas academica dan masyarakat baik dunia usaha dan dunia industri untuk lebih mengenal berbagai produk penelitian unggulan dan inovatif dari seluruh civitas academica UNJ,” kata dia.

Dia berharap, melalui kegiatan UNJ Virtual Riset Expo dan LPPM Award 2021 itu akan terbangun kerja sama dan kolaborasi yang lebih baik lagi antara para peneliti UNJ dengan pihak dunia usaha, dunia industri, maupun pemerintah.

Dalam kegiatan itu, UNJ memberikan penghargaan kepada fakultas dan dosen yang berprestasi dalam bidang publikasi terbanyak, fakultas, penelitian terbanyak, fakultas sumber dana DRPM Kemenristek/BRIN, HKI terbanyak fakultas, Penghargaan Jurnal OJS UNJ (Terindeks Sinta 2) Tahun 2020, Apresiasi terhadap Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Publikasi Terbanyak Individu, HKI Terbanyak Individu, Sitasi Terbanyak, dan Apresiasi Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Terbaik.

Baca juga: Wapres minta "civitas akademika" UNJ dalami ideologi Pancasila
Baca juga: UNJ selenggarakan sekolah kebangsaan untuk lahirkan mahasiswa unggul

Pewarta : Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021