Penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021 harus sukses secara penyelenggaraan dan juga sukses secara prestasi
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan FIBA Asia Cup 2021 yang dijadwalkan digelar di Istora Senayan, Jakarta, 17-29 Agustus mendatang.

Seusai menerima kunjungan PP Perbasi di Jakarta, Kamis, Marciano mengatakan bahwa Indonesia patut bangga menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021. KONI Pusat, lanjut dia, siap memberikan dukungan agar kejuaraan bola basket bergengsi Asia itu sukses, baik secara penyelenggaraan maupun prestasi tim nasional.

"Penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021 harus sukses secara penyelenggaraan dan juga sukses secara prestasi. Mari kita bahu-membahu bekerja untuk sukseskan kegiatan ini, baik panitia, PP Perbasi, KONI, kementerian terkait, gubernur, sponsor, komunitas dan lainnya karena ketika kita menjadi tuan rumah. Nama baik bangsa dan negara Indonesia yang dipertaruhkan,” kata Marciano dalam rilis PP Perbasi, Kamis.

Baca juga: Timnas basket tes PCR sebelum ikuti kualifikasi FIBA Asia Cup

Eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu juga menekankan agar penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat dan disiplin agar kompetisi tak menjadi klaster penyebaran COVID-19.

Keberhasilan setiap kompetisi dengan protokol kesehatan ketat, kata dia, akan menjadi bukti bahwa olahraga dan pariwisata dapat kembali digelar.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan dukungan dari KONI Pusat menjadi penting karena itu merupakan bentuk sinergi antarlembaga demi kesuksesan FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 mendatang.

"Alhamdulillah, KONI Pusat mendukung penuh dan memberikan dukungan luar biasa, khususnya di FIBA Asia Cup kepada timnas kita untuk dapat meraih poin di kualifikasi di Filipina pekan depan agar dapat masuk ranking delapan besar Asia, yang menjadi syarat masuk dalam kejuaraan dunia FIBA World Cup 2023 mendatang," ucap Nirmala.

Baca juga: FIBA Asia Cup 2021 berpeluang dihadiri penonton

Tim nasional bola basket Indonesia masih mempunyai tiga laga tersisa dalam windows ketiga Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Clark City, Filipina, 16-20 Juni nanti. Skuad asuhan Rajko Toroman itu akan menghadapi Korea Selatan, Filipina, dan Thailand.

Ada 17 pemain yang saat ini tengah menjalani pelatnas di GBK Arena Senayan, Jakarta. Mereka adalah Agassi Yeshe Goantara, Vincent Rivaldi Kosasih, Govinda Julian Saputra, Andakara Prastawa Dhyaksa, Hardianus Lakudu, Juan Laurent Kokodiputra, Arki Dikania Wisnu, dan Kevin Yonas Argadiba Sitorus.

Selanjutnya ada Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane. Selanjutnya ada Mohammad Arighi, Kelvin Sanjaya, Abraham Damar Grahita, dan Widyanta Putra Teja.

Dari 17 pemain tersebut hanya 12 pemain saja yang akan dipilih memperkuat timnas Indonesia dalam FIBA Asia Cup 2021.

Baca juga: Pelatnas FIBA Asia Cup 2021 berlakukan promosi-degradasi
Baca juga: Timnas basket Indonesia latihan intensif untuk FIBA Asia Cup 2021

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021