Timika (ANTARA) - Sebanyak 400 prajurit TNI dari Batalyon Infantri 315/Garuda akan melaksanakan tugas pengamanan di sejumlah daerah di Provinsi Papua selama sembilan bulan ke depan.

Kepala Staf Korem 174/ATW Merauke Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo di Timika, Sabtu, mengatakan dari 400 prajurit Yonif 315/Garuda itu, sebanyak 292 personel akan bertugas di Kabupaten Mimika, sisanya sebanyak 108 personel akan bertugas di Kabupaten Merauke dan Kabupaten Asmat.

"Tugas utama mereka yaitu membantu mengamankan wilayah Mimika, Asmat dan Merauke dari berbagai potensi kerawanan. Khusus yang ditugaskan di Mimika, mereka akan ditempatkan di masing-masing pos seperti di Banti, Aroanop, seputaran area PT Freeport Indonesia, Tsinga, Jila dan lainnya," tutur Kolonel Agustinus.

Baca juga: KRI Banjarmasin-592 angkut "Pasukan Setan" ke Papua

Baca juga: Pangdam: Tak ada "pasukan setan" yang dikirim ke Papua


Ia menyebut penugasan prajurit TNI dari Yonif 315/Garuda ke Papua itu atas perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyikapi masih banyaknya gangguan keamanan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Setiap pos nantinya akan diisi oleh personel dengan jumlah 18 hingga 20 orang.
Para prajurit TNI dari kesatuan Batalyon Infantri 315/Garuda tiba di Pelabuhan Cargo Doc Portsite Amamapare Timika pada Jumat (11/6) menggunakan KRI 592 Banjarmasin.. ANTARA/Evarianus Supar

Sebelum berangkat ke lokasi penugasan, pada Sabtu siang ratusan prajurit Yonif 315/Garuda mendapatkan pembekalan dan arahan dari Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya bertempat di Aula Batalyon B Brimob Polda Papua di Timika.

Selaku Dansubkolakops, Dandim Mimika menyebut para prajurit Yonif 315/Garuda akan menggantikan Yonif 756/WMS yang baru selesai melaksanakan penugasan mengamankan daerah rawan di Mimika.

"Kepada para prajurit sekalian, saya minta untuk pelajari keadaan geografis, demografis dan melakukan komunikasi sosial di wilayah yang akan kalian tempati. Laksanakan tugas dengan sepenuh hati untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Letkol Yoga.

Tak lupa Dandim Mimika mengingatkan para prajurit TNI yang baru bertugas ke Papua itu agar memahami adat istiadat masyarakat Papua.

Dalam melaksanakan tugas operasi, Dandim Mimika berharap agar prajurit Yonif 315/Garuda bersikap humanis kepada masyarakat dan menjalin sinergitas serta kerja sama dengan semua unsur masyarakat terkait lainnya.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021