341 warga Kota Tangerang positif COVID-19 dari "tracing" 8.591 orang

341 warga Kota Tangerang positif COVID-19 dari

Wali Kota Tangerang, Provinsi Banten, Arief R Wismansyah. (FOTO ANTARA/dok)

Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang, Provinsi Banten,  Arief R Wismansyah menyatakan pemerintah kota itu telah melakukan tes dan penelusuran (tracing) kepada 8.591 orang sejak tanggal 7-13 Juni 2021 dan hasilnya sebanyak 341 warga terkonfirmasi positif COVID-19.

"Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya maksimal guna menekan angka penyebaran COVID-19 yang saat ini mengalami kenaikan kasus," katanya di Tangerang, Senin.

Ia menyatakan kondisi itu terjadi karena ditengarai semakin minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dalam kegiatan sehari-hari.

Kondisi ini, kata dia, secara langsung memberikan dampak pada Bed Occupancy Rate (BOR) sejumlah Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) dan juga rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 yang ada di Kota Tangerang.

"BOR rumah sakit mencapai 77,65 persen, RIT mencapai 97,59 persen sedangkan ICU rumah sakit mencapai 75,40 persen," katanya,

Ia berpesan agar seluruh jajaran Pemkot Tangerang lebih tegas dalam menindak masyarakat yang lalai dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 melalui kegiatan Operasi Aman Bersama (OAB) yang kembali dilakukan agar jumlah kasus positif COVID-19 dapat terkendali.

"Datangi tempat - tempat yang rawan terjadi kerumunan, berikan teguran keras, karena jika terus lalai maka pandemi ini tidak akan selesai," kata Arief R Wismansyah .

Kepala Satpol PP Kota Tangerang Agus Henra mengatakan pengawasan di lapangan terus dilakukan dan menindak warga yang melakukan kerumunan melanggar protokol kesehatan.

Lalu, juga razia terhadap masyarakat yang tak menggunakan masker juga dilakukan melalui operasi aman bersama dan juga patroli lapangan yang dilaksanakan petugas.

Baca juga: BOR 32 RS di Kota Tangerang khusus COVID-19 capai 52,54 persen

Baca juga: 33 orang positif COVID-19 di Kota Tangerang

Baca juga: Antisipasi klaster baru, perkantoran Tangerang terapkan WFH 50 persen

Baca juga: Satpol PP Kota Tangerang bantu pengamanan tes cepat antigen di pasar

 
Pewarta : Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021