Satgas TNI beri layanan kesehatan gratis warga perbatasan RI-PNG

Satgas TNI beri layanan kesehatan gratis warga perbatasan RI-PNG

Personel Satgas pamtas RI-PNG Yonif 403 memberikan pengobatan kesehatan gratis di Kampung Unggalom distrik Web Kabupaten Keerom.(ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)

Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Unggalom mendatangi rumah warga satu per satu untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan keliling secara gratis masyarakat perbatasan RI-PNG di Kampung Unggalom, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Senin (14/6).

Komandan Satuan Tugas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar mengatakan, pelayanan kesehatan keliling (Yankesling) kepada warga di perbatasan dipimpin Danpos Unggalom Serka Eko Agung beserta personel kesehatan.

"Personel Satgas Yonif 403 mengunjungi dari rumah ke rumah memberikan layanan kesehatan agar masyarakat tetap dapat beraktivitas dengan baik,"ujar Dansatgas Letkol Ade Siregar.

Diakui, memasuki musim penghujan maka risiko bagi warga akan terkena penyakit semakin tinggi.

"Oleh karena itu, kami selalu memastikan warga mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” ungkap Dansatgas.

Terlebih kesehatan, menurut Dansatgas, merupakan hal utama yang harus dijaga agar masyarakat tetap dapat beraktivitas dengan baik guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca juga: Satgas gagalkan upaya penyelundupan puluhan liter BBM ke Timor Leste

Sementara itu, Danpos Unggalom Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Serka Eko Agung menjelaskan, pelayanan kesehatan kepada warga rutin dilakukan untuk mengetahui dan mencegah secara dini penyakit yang diderita warga.

“Hasil pemeriksaan hari ini, sebagian besar warga mengalami batuk, pilek, demam dan juga gatal-gatal pada bagian kaki, sela-sela jari maupun punggung. Hal itu terjadi mengingat udara yang lembab akibat curah hujan yang cukup tinggi di bulan Juni,”jelas Eko.

Ia mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan secara rutin dengan rajin berolahraga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta segera berobat apabila merasakan gejala sakit atau merasa tidak enak badan.

Salah satu warga Marley Oktemka (34) sangat berterima kasih kepada TNI yang bertugas di perbatasan karena telah membantu masyarakat dan manfaatnya juga dapat langsung dirasakan masyarakat, terutama warga yang mengalami gejala sakit yang belum kunjung sembuh.

“Kami sangat senang sekali bapak TNI Pos Unggalom datang ke kampung dan telah kasih bantu obati warga yang sakit serta mau berbagi pengetahuan bagaimana cara agar bisa hidup sehat,”ucap Marley.

Baca juga: Layanan kesehatan gratis digelar Satgas TNI RI-PNG untuk warga OAP
Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste terima 23 pucuk senjata dari warga
Baca juga: Warga serahkan senjata api kepada Satgas Pamtas RI-Timor Leste
Pewarta : Muhsidin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021