NPC Indonesia berharap 34 Provinsi ikut Peparnas XVI Papua

NPC Indonesia berharap 34 Provinsi ikut Peparnas XVI Papua

Presiden NPC Indonesia Senny Marbun (kanan) didampingi Sekjen NPC Rima Ferdianto (paling kiri), dan Ketua Harian Peparnas XVI 2021 Papua, Doren Wakerkwa (dua dari kanan) saat acara pembukaan Rakernas NPC Indonesia Menuju Sukses Peparnas 2021 Papua, di Hotel Lorin Solo, Selasa (15/6/2021. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - National Paralympic Committee (NPC) Indonesia berharap 34 provinsi di Tanah Air mengirimkan atletnya untuk mengikuti pesta olahraga disabilitas Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI 2021 di Papua, 2-15 November mendatang.

"NPC berharap semua provinsi di Indonesia mengirimkan atletnya di Peparnas XVI 2021 di Papua," kata Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto, disela acara Rakernas NPC Indonesia Menuju Sukses Peparnas XVI Papua di Hotel Lorin Solo, Rabu.

Pada Rakernas NPC Indonesia yang dihadiri 31 perwakilan NPC Provinsi tersebut akan berlangsung tiga hari hingga Kamis. Acara dibuka Presiden NPC Indonesia Senny Marbun dan dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Papua, Doren Wakerkwa, sekaligus selaku Ketua Harian Peparnas XVI 2021 Papua, Selasa (15/6).

Rima Ferdianto mengatakan Rakernas NPC digelar mendadak karena diawali dari panggilan oleh Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani dan menyampaikan pesan dari Presiden RI yang menginginkan Papua sukses mendatangkan kontingen dari 34 provinsi selayaknya PON XX.

Baca juga: Pemprov Papua-Kemendagri gelar monev kesiapan PON-Peparnas
Baca juga: 2.725 atlet dan ofisial akan ikuti Peparnas XVI di Papua


Dalam Rakernas, kata Rima pihaknya menemukan masalah yang diantaranya sebanyak 13 NPC Provinsi masih belum mendapatkan fasilitas dari pemerintah daerah. Bahkan fasilitas untuk persiapan kegiatan tersebut belum ada. Untuk itu diharapkan pihak provinsi juga memberikan dukungan agar atlet bisa berangkat ke Peparnas.

Terkait dengan lokasi pertandingan, Rima menjelaskan, Papua sebagai tuan rumah telah menyesuaikan dengan kebutuhan atlet termasuk penambahan fasilitas pendukungnya. Hotel untuk penginapan atlet juga sudah disiapkan dengan baik.

"Kami berharap pada penyelenggaraan pesta olahraga Peparnas XVI 2021 di Papua yang mempertandingkan 12 cabang olahraga itu, minimal dapat dihadiri 33 provinsi karena satu provinsi belum terbentuk dan kini sedang proses pembentukan NPC daerah," kata Rima menegaskan.

Sementara itu, Presiden NPC Indonesia Senny Marbun juga berharap 34 Provinsi di Indonesia dapat hadir dalam penyelenggaraan Peparnas XVI 2021 di Papua November mendatang.

"Peparnas XVI di Papua sangat penting agar bisa merasakan kesamaan hak dari timur sampai barat. Sebagai saudara kita bisa bersilaturahmi melalui pesta olahraga Peparnas ini," kata Senny Marbun.

Baca juga: Peluncuran Peparnas XVI bukti kesiapan Papua gelar event olah raga
Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI siapkan strategi pengamanan PON Papua
Baca juga: Sesmenpora pastikan penyelenggaraan Peparnas tetap di Papua

 
Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021