Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 250 atlet Papua saat ini dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Paralimpik Nasional ( Peparnas) XVI yang akan dipusatkan di Kota dan Kabupaten Jayapura.
 
Ketua National Paralympic Committee ( NPC ) Papua Jaya Kusuma kepada Antara, Kamis di Jayapura mengakui, atlet yang disiapkan itu akan mengikuti seluruh pertandingan yakni 12 cabang olahraga di antaranya renang, atletik, menembak, tenis meja, bulu tangkis, catur panahan dan tennis lapangan kursi roda serta angkat berat.
 
Atlet-atlet yang dipersiapkan itu saat ini sedang melakukan latihan terpusat diberbagai kota diantaranya di Palembang untuk renang, di Balikpapan angkat berat dan tennis lapangan kursi roda di Jakarta serta beberapa kota lainnya di Pulau Jawa.

Baca juga: NPC Indonesia berharap 34 Provinsi ikut Peparnas XVI Papua
 
Hanya dua cabang olah raga yang atletnya dilatih di Jayapura yakni atletik dan sepak bola, kata Jaya seraya menambahkan bahwa Peparnas XVI akan berlangsung dari tanggal 2-15 November mendatang.
 
Terkait target diharapkan terbanyak dari dua cabang olahraga yakni renang yang terdapat 45 medali emas dan atletik 65 medali emas sehingga bila medali emas cabang ini dapat diambil seluruhnya maka Papua bisa menjadi juara umum, kata Jaya Kusuma.
 
Ketika ditanya tentang pemberian vaksin COVID-19 kepada para atlet dan ofisial, Jaya mengaku akan bekerja sama dengan dinas kesehatan dimana para atlet saat ini sedang berlatih.
 
"Mudah-mudahan vaksinasi bisa dibantu dari dinas kesehatan dimana para atlet sedang berlatih, " harap Jaya Kusuma.
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021