Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Pemerintah Kota Makassar berencana memberikan pelatihan kepada 10.000 orang di kota tersebut.

"Ada komitmen pemerintah daerah provinsi dan pemerintah kota untuk memberdayakan UMKM tidak hanya dalam skala lokal, tapi internasional. Kenapa 10 ribu talenta digital di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, karena selain pelatihan sumber daya manusia itu juga pencanangan dari Walikota Makassar untuk mencetak 10 ribu wirausaha digital," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, dalam siaran pers, dikutip Minggu.

Pelatihan di Makassar ini merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship, yang menargetkan 50 ribu peserta dari Makassar, Semarang, Medan, Solo dan Denpasar pada periode Juni hingga Desember tahun ini.

Pemerintah Kota Makassar juga menargetkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah bisa masuk ke platform digital.

Baca juga: Pemerintah upayakan aplikasi 5G dalam negeri

Menurut Kominfo, setiap kota harus memiliki tenaga profesional dan wirausaha digital agar semakin berkembang. Target mereka untuk Kota Makassar, ada 6.500 wirausaha digital.

Pelatihan Digital Talent Scholarship di kota itu nanti akan bisa menampung 100 peserta dalam satu kali pelatihan. Setelah pelatihan, mereka akan diseleksi untuk masuk pendampingan tentang wirausaha digital, misalnya bagaimana cara mengemas barang.

"Peserta juga dilatih mengemas produk agar lebih menarik, setelah dikuasai kemudian diajarkan bagaimana menempatkan produk itu ke marketplace," kata Hary.

Peserta pelatihan juga akan dibekali dengan perangkat lunak manajemen keuangan agar mereka bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis. Dengan arus kas yang jelas, bank akan melirik mereka untuk menyalurkan modal.

Program Digital Talent Scholarship merupakan salah satu upaya Kominfo untuk mencetak talenta digital, Indonesia diperkirakan membutuhkan sekurang-kurangnya 9 juta talenta digital.

Untuk tahun ini, kementerian menargetkan 100.000 peserta pelatihan di berbagai akademi yang tersedia di Digital Talent Scholarship, termasuk salah satunya tentang kewirausahaan, Digital Entrepreneuship Academy.

Baca juga: Menteri Johnny ajak UMKM dan pelaku wisata gunakan aplikasi JPHub

Baca juga: Kominfo kembali terapkan WFH

Baca juga: Kominfo latih 50 ribu talenta digital di lima kota

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021