Imigrasi Makassar terbitkan 146 paspor untuk taruna PIP

Imigrasi Makassar terbitkan 146 paspor untuk taruna PIP

Petugas Imigrasi Makassar saat melakukan proses pendataan bagi pemohon layanan paspor di Makassar, Minggu (20/6/2021). ANTARA/HO-Kanim Makassar/am.

Makassar (ANTARA) - Kantor Imigrasi Makassar melayani permohonan paspor bagi 146 taruna/taruni semester IV Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) yang akan melakukan praktek pelayaran lintas negara.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel Dodi Karnida di Makassar, Minggu mengatakan Kantor Imigrasi Makassar tetap memberikan layanan kepada masyarakat, walaupun di hari libur atau akhir pekan.

"Di Kanim Makassar itu ada layanan 'Kaisar Mandala' yang artinya Kanim Makassar Melayani Pada Hari Libur Anda. Ini adalah bentuk layanan prima dari Kemenkumham Sulsel khususnya pada layanan paspor," ujarnya.

Dodi Karnida mengatakan, layanan Kaisar Mandala dan Eazy Passport atau pelayanan paspor secara jemput bola dengan fasilitas pelayanan kemudahan mendapatkan paspor itu dilaksanakan di hari libur maupun di akhir pekan.

Khusus untuk taruna dan taruni PIP Makassar, 146 siswa ini akan melakukan praktek pelayaran lintas negara, sehingga membutuhkan dokumen administrasi yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut.

"Tim Kantor Imigrasi melayani permohonan paspor bagi 146 taruna dan taruni semester IV program pendidikan teknika yang akan melakukan praktek pelayaran lintas negara. Mereka itu ada yang memohon paspor baru dan ada juga yang memohon paspor penggatian," katanya.

Pelayanan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan sehingga kepada para petugas terlebih dahulu dilakukan tes usap atau swab test antigen dan semuanya negatif.

Selain dilayani pegawai imigrasi, kegiatan ini juga melibatkan dua orang taruna dan dua taruni Politeknik Keimigrasian yang sedang melakukan kegiatan orientasi lapangan dan praktek kerja lapangan (PKL).

"Kegiatan kerja sama pelayanan eazy passport ini akan terus dikembangkan jajaran keimigrasian karena merupakan salah satu target kinerja keimigrasian tahun 2021," terangnya.

"Kerja sama dilakukan dengan berbagai pihak, misalnya dengan komunitas perumahan, perusahaan yang para warga dan pegawainya akan memohon paspor dengan jumlah signifikan, maka kami akan datang melayani," tambah Dodi Karnida.
Baca juga: Kemenhub perbaharui sistem pendidikan PIP Makassar
Baca juga: Kemenhub cetak SDM unggulan di PoIiteknik Ilmu Pelayaran Semarang
Baca juga: Menhub minta pemuda Toba dididik ilmu pelayaran
Baca juga: STIP Kemenhub buka program studi magister terapan
Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021