Jakarta (ANTARA) - Striker yang berlari cepat Donyell Malen dan gelandang remaja Ryan Gravenberch diturunkan sebagai starter oleh pelatih Belanda Frank de Boer dalam laga terakhir Grup C menghadapi Makedonia Utara di Amsterdam, Senin pukul 23.00 WIB ini.

De Boer tak tergoda mengistirahatkan lebih banyak lagi pemain Belanda sekalipun Belanda sudah pasti ke babak knockout, sedangkan Makedonia Utara juga mengganti dua pemainnya di tengah ambisi memburu kemenangan mengejutkan sebelum selamat tinggal kepada Euro 2020.

Ivan Trickovski dan Aleksandar Trajkovski akan mengisi trisula serangan bersama kapten veteran Goran Pandev yang bertanding untuk terakhir kalinya bagi negaranya setelah mengumumkan mundur dari timnas akhir pekan lalu.

Pandev sudah mencetak 38 gol dari 121 penampilan untuk Makedonia Utara sejak debut pada 2001.

Baca juga: Pandev akan pensiun dari timnas setelah Makedonia Utara hadapi Belanda

Malen seketika membuat dampak saat diturunkan menjadi pemain pengganti ketika Belanda melawan Austria dengan merancang gol kedua Oranye dalam laga itu yang diciptakan Denzel Dumfries untuk membuat kedudukan 2-0.

Pemain berusia 22 tahun itu kini dipasangkan dengan Memphis Depay sebagai ujung tombak kembar setelah Wout Weghorst dibangkucadangkan.

Gravenberch yang berusia 19 tahun menggantikan gelandang Marten de Roon yang sudah mendapatkan dua kartu kuning sehingga tidak diturunkan agar bisa bertanding pada 16 besar.

Sebagai juara grup, Belanda sudah memastikan diri ke 16 besar dan bertanding di Budapest Minggu nanti melawan salah satu dari empat tim berperingkat ketiga terbaik.

Baca juga: Benamkan Austria 2-0, Belanda ke 16 besar Euro 2020

Debutan Makedonia Utara sudah tersisih karena kalah dua kali melawan Austria dan Ukraina.

Susunan sebelas pemain pertama kedua tim seperti dikutip Reuters.

Makedonia Utara (4-2-3-1): Stole Dimitrievski; Visar Musliu, Stefan Ristovski, Darko Velkovski; Arijan Ademi, Ezgjan Alioski, Eljif Elmas, Enis Bardi; Ivan Trickovski, Aleksandar Trajkovski, Goran Pandev (kapten)

Belanda (5-3-2): Maarten Stekelenburg; Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Patrick van Aanholt, Daley Blind, Denzel Dumfries; Georginio Wijnaldum (kapten), Ryan Gravenberch, Frenkie de Jong; Memphis Depay, Donyell Malen

Baca juga: Preview Euro 2020: Belanda vs Makedonia Utara

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021