Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM-UGM) bekerjasama Solidaritas Istri Anggota Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) mengadakan bakti Sosial bidang KB dan kesehatan di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa.

Bakti sosial yang antara lain didukung BKKBN itu dicanangkan oleh Ketua SIKIB Ny Ratna Djoko Suyanto dimaksudkan untuk menyambut peresmian Desa Hargotirto sebagai Desa Sejahtera yang akan dilakukan oleh Ibu Ani Yudhoyono di desa itu, Rabu (29/9).

Dalam sambutannya, Ny Ratna Djoko Suyanto mengatakan, bakti sosial dan peresmian Desa Hargotirto sebagai Desa Sejahtera yang didukung LPPM-UGM dan SIKIB itu dimaksudkan mewujudkan masyarakat yang masih tertinggal agar menjadi maju, sehat, sejahtera dan mandiri.

SIKIB yang didirikan Ibu Ani Yudhoyono pada 28 Desember 2004 dimaskudkan membantu program para menteri (suami anggota SIKIB) dalam meningkatan kesejahteraan, kemajuan dan kemandirian masyarakat melalui lima program sejahetra, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang hijau (berwawasan lingkungan hidup), peduli, sehat, pintar dan kreatif.

Bati sosial kepada warga Desa Hargotirto, antara lain berupa pelayanan kesehatan secara gratis, pemeriksaan mata dan bantuan kacamata, pemeriksaan gigi, pelayanan KB berupa pemasangan alat kontrasepsi IUD dan implan, bantaun dua unit alat edukasi bagi balita pemberian bantuan 5 kelompok UPPKS masing-masing Rp5 juta, bantuan bibit pohon untuk penghijauan.

Sementara itu, Ketua panitia bakti sosial, dr Harto Wardoyo, SpOG mengatakan, upaya mewujudkan Desa Sejahtera di Hargotirto dilatarbelakangi bahwa sebagian besar penduduknya yang berjumlah 8.337 orang tergolong miskkin, namun mereka memiliki sikap gotong-royong dan berkeinginan mewujudkan kesejhateraan dan kemandirian.

Oleh karena itu, katanya, Hasto yang joga dosen FK-UGM, pembentukan desa sejahtera itu juga didukung oleh kuliah kerja kesehatan masyarakat (K3M) dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri melalui "rumah pintar" di atas lahan 1200 m2 oleh warga Desa Hargotirto.

Hadir dalam acara iru, antara Kepala BKKBN Dr dr Sugiri Syarief, MPA, Dekan FK-UGM Prof dr Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD, Bupati Kulon Progo H Toyo S Dipo, anggota SIKIB antara lain Ny Hatta Rajasa, Ny Fredy Numbery, Ny Hendarman Supandji dan  Ny Mohamad Nuh.(*)
(ANT/R009)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010