TNI beri layanan kesehatan gratis untuk warga perbatasan RI-PNG

TNI beri layanan kesehatan gratis untuk warga perbatasan RI-PNG

Pratu Bernat, personel Yonif 403 asli orang Papua sedang melayani memberikan pengobatan kesehatan untuk warga kampung Yuruf Kabupaten Keerom wilayah di perbatasan RI-PNG memeriksa kesehatan secara gratis dilakukan Satgas Yonif 403. ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih.

Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista pos koki memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk warga perbatasan RI-Papua Nugini di Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satuan Tugas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan diterima, Rabu menjelaskan kegiatan pelayanan kesehatan gratis merupakan wujud kepedulian TNI untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Satgas TNI juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya berolahraga dan makan-makanan yang sehat dan bergizi agar gizi tubuh tetap seimbang,"ujarnya.

Diakuinya, pemeriksaan kesehatan secara gratis ini diselenggarakan selain untuk memberikan pelayanan kesehatan secara rutin kepada masyarakat juga sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mulai melakukan pola hidup sehat dan bersih.

Di tempat terpisah, Dankipur 1 Poskoki Yuruf Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Lettu Inf Sugiman mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan kepada warga di antaranya berupa konsultasi kesehatan, pemeriksaan tensi, pengobatan umum, mengobati luka yang infeksi, pemberian vitamin dan obat cacing bagi anak usia sekolah dasar serta pembagian masker.

"Kebanyakan dari warga mengalami keluhan sakit batuk pilek dan beberapa disertai demam tinggi, untuk itu kami berikan obat beserta vitamin untuk mempercepat penyembuhannya dan kami sarankan untuk istirahat yang cukup," kata Lettu Sugiman.

Salah satu Tenaga Medis Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pratu Bernat Murnan yang juga merupakan putra asli Papua menyampaikan turut serta memberikan pelayanan kesehatan untuk warga di wilayah perbatasan RI-PNG.

"TNI juga mengedukasi serta memberikan motivasi kepada masyarakat agar dapat segera sembuh dari sakit yang dideritanya serta mengajak masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat,"katanya.

Sebagai putra daerah, lanjut Pratu Bernat, ia termotivasi untuk terjun langsung terlibat memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga perbatasan RI-PNG karena masyarakat memerlukan perhatian khususnya di bidang kesehatan.

"Hati saya merasa tergerak untuk membantu dan melayani masyarakat di wilayah perbatasan sesuai dengan tugas sebagai seorang prajurit TNI Kodam IV Diponegoro,” jelas Bernat.

Salah satu warga perbatasan yang berobat Mama Elyana (39) mengakui, ia merasa sangat senang atas terselenggaranya pelayanan kesehatan gratis dilakukan satgas TNI.

Elyana mengucapkan terimakasih banyak kepada Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Koki Yuruf atas pelayanan kesehatan yang telah diberikan untuk warga kampung.

"Selama ini bapak-bapak TNI selalu hadir dan rutin melaksanakan pelayanan kesehatan di kampung kami dan mengajak masyarakat untuk selalu hidup sehat,"ungkap Mama Elyana
Pewarta : Muhsidin
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021