Panglima TNI puji tenaga kesehatan kesatria negara lawan COVID-19

Panglima TNI puji tenaga kesehatan kesatria negara lawan COVID-19

Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) berdialog dengan perwakilan Puskesmas di Kantor Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). ANTARA/Genta Tenri Mawangi/aa.

Jakarta (ANTARA) - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto memuji dedikasi dan kesungguhan para tenaga kesehatan serta menyebut mereka sebagai kesatria negara melawan COVID-19.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Kalian adalah kesatria-kesatria negara untuk melawan COVID-19. Tetap semangat untuk melayani rakyat. Tidak boleh ada rakyat yang tertinggal dan tidak divaksin,” kata Panglima TNI kepada para tenaga kesehatan yang bertugas sebagai vaksinator di Balai Warga RW 02, Gunung Sahari Utara, Pademangan, Jakarta, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI menyampaikan ia memahami bahwa tenaga kesehatan pasti lelah bekerja merawat pasien selama pandemi COVID-19.

Karena itu, ia memuji semangat para tenaga kesehatan, karena mereka tetap memilih menunaikan tugasnya meskipun banyak yang kelelahan.

“Saya melihat kalian memiliki semangat yang kuat untuk memerangi COVID-19. Oleh sebab itu, saya ingatkan para tenaga kesehatan untuk menjaga asupan nutrisi dan vitamin yang baik. Kemudian, tiap ada tugas harus melaksanakan PCR dahulu,” ujar Panglima TNI.

Balai Warga RW 02 yang berada dekat Pasar Rajawali merupakan salah satu titik vaksinasi COVID-19. Setidaknya, ada 27 tenaga kesehatan yang bertugas sebagai vaksinator di tempat tersebut. Dari jumlah itu, 10 di antaranya merupakan siswa perwira karier khusus tenaga kesehatan TNI, empat dari Pusdikkes TNI Angkatan Darat, 10 vaksinator dari RSDC Wisma Atlet Kemayoran, dan tiga dari puskesmas setempat.

Usai mendengar pesan-pesan dari Panglima TNI, para tenaga kesehatan itu kompak menjawab: “Siap”.

Tidak hanya itu, Panglima TNI juga menyampaikan ke tenaga kesehatan setempat bahwa pihaknya akan selalu mendukung kegiatan vaksinasi serta perawatan pasien COVID-19.

Seorang perwakilan warga yang ditemui di lokasi, Yanti mengucapkan terima kasih atas perhatian Panglima TNI, Kapolri, dan perwakilan pemerintah.

Kunjungan ke balai warga di Pademangan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Panglima TNI meninjau pelaksanaan vaksinasi dan PPKM Darurat di Jakarta, Sabtu.

Dalam kegiatan itu, Panglima TNI berkeliling bersama Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito.
Baca juga: Panglima TNI keliling Jakarta pastikan vaksinasi COVID-19 terus jalan
Baca juga: TNI siap menambah tenaga kesehatan bantu vaksinasi COVID-19
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021