Tarakan (ANTARA) - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kalimantan Utara, pada hari Selasa ini, bertambah 205 orang.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penangganan COVID-19 Kaltara Agust Suwandi di Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara, Selasa, mengatakan data tambahan kasus positif tersebut tersebar di kabupaten dan kota yakni Tarakan sebanyak 16 orang, Kabupaten Malinau sebanyak 11.

Kemudian di Kabupaten Tana Tidung sebanyak empat orang, Kabupaten Nunukan sebanyak 56 orang dan Kabupaten Bulungan sebanyak 118 orang.

Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh alami penambahan di Tarakan sebanyak delapan orang, Kabupaten Tana Tidung sebanyak empat orang, Kabupaten Nunukan sebanyak 11 orang dan Kabupaten Malinau sebanyak 46 orang.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Bulungan bertambah 70 orang

Baca juga: Ketua DPRD Kaltara positif COVID-19 menjalani isolasi mandiri


Saat ini, total pasien COVID-19 yang meninggal sebanyak 210 orang, pasien positif yang masih dirawat sebanyak 135 orang, pasien yang suspek sebanyak 110 orang dan pasien suspek sedang diisolasi sebanyak 836 orang.

Agust mengungkapkan bahwa penyebab meningkatnya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dari kluster yang riwayatnya terkait kegiatan seperti hajatan pernikahan serta kluster perusahaan.

"Informasi dari teman di lapangan di kabupaten/kota bahwa kasus yang banyak ini dari kluster yang riwayatnya terkait acara pernikahan," katanya.

Dia mengatakan bila masuk ke kluster, biasanya kasus menjadi lebih banyak dari kontak erat.*

Baca juga: Kluster tambang kasus COVID-19 muncul lagi di Bulungan

Baca juga: Kasus positif COVID-19 melonjak di Bulungan usai Lebaran

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021