Kami berdiskusi tentang pentingnya HAKI, termasuk membahas program Belanja Inovasi Daerah
Surabaya (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berdiskusi dengan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Omar Sharif Hiariej membahas hak atas kekayaan intelektual (HAKI).

"Kami berdiskusi tentang pentingnya HAKI, termasuk membahas program Belanja Inovasi Daerah," ujar Emil Dardak usai bertemu Wakil Menteri Hukum dan HAM di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut berharap adanya dukungan dari Kementerian Hukum dan HAM terhadap putra-putri Jawa Timur dalam berinovasi, khususnya terkait HAKI.

Inovasi dari putra dan putri Jawa Timur ini luar biasa dan harus terus berjalan, minimal bisa mengecek pelanggaran serius HAKI, ucap dia.

"Kami juga berharap adanya pelatihan dari Kementerian Hukum dan HAM kepada mereka anak-anak muda ini," kata orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut menambahkan.

Sementara itu, Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej menyambut positif terhadap harapan Pemprov Jatim tentang HAKI.

Baca juga: Wagub Jatim: Dari 2,55 juta warga lansia, baru 30 persen yang divaksin

Baca juga: Pemerintah siapkan PP soal HAKI jadi jaminan permodalan


Tak itu saja, kedatangannya ke Jatim juga dalam rangka berkoordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya terhadap kondisi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Porong Sidoarjo.

Ia menjelaskan bahwa revisi UU pengguna Narkotika menjadi salah satu prioritas agar bisa mengurangi kapasitas lapas yang berlebih di Indonesia.

"Revisi UU pengguna narkotika masuk prioritas RUU di tahun 2021. Ini akan mengurangi over-kapasitas di lapas yang ada di Indonesia, termasuk Lapas Porong yang dilaporkan 85 persennya adalah narkotika," tutur-nya.

Wakil Menteri Hukum dan HAM juga meminta masukan agar ada keselarasan aturan di daerah serta di pusat.

Di sisi lain, Emil Dardak dan Edward Omar Sharif Hiariej ternyata sama sama alumni siswa teladan SMP se-DKI di periode tahun berbeda.

Wakil Menteri Hukum dan HAM adalah juara siswa teladan SMP se-DKI pada tahun 1988, sedangkan Emil Dardak tahun 1997.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021