479 jiwa warga di Aceh Barat masih terkurung banjir

479 jiwa warga di Aceh Barat masih terkurung banjir

Rumah warga terendam banjir di Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, Minggu (11/7/2021) ANTARA/HO

Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 479 jiwa atau 142 kepala keluarga (KK) di Desa Karang Hampa dan Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, hingga Ahad petang masih terkurung banjir dengan ketinggian air mencapai di atas 50 centimeter.

“Terkurungnya masyarakat di dua desa ini karena sebagian besar genangan banjir merendam ruas jalan menuju ke dua desa tersebut,” kata Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Mashuri di Meulaboh, Ahad petang.

Baca juga: Banjir rendam 11 gampong di Kabupaten Aceh Jaya

Ia juga menjelaskan, akibat masih terendamnya ruas jalan menuju ke Desa Karang Hampa, Kecamatan Arongan Lambalek, akses transportasi ke desa tersebut hingga kini masih sulit dilalui.

Begitu juga di Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, genangan banjir yang disebabkan guyuran hujan lebat tersebut hingga saat ini masih merendam rumah warga.

Baca juga: Banjir masih meliputi sebagian wilayah Aceh Besar

Guna membantu masyarakat yang terdampak bencana, BPBD Aceh Barat bersama Dinas Sosial terus mengupayakan pendistribusian bantuan makanan.

Selain itu, BPBD Aceh Barat juga masih terus berupaya melakukan koordinasi ke Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) agar turut membantu masyarakat yang terdampak banjir di Aceh Barat.

Baca juga: 58 kepala keluarga mengungsi di Aceh Besar akibat banjir

“Kami juga masih melakukan pemantauan, karena sampai saat ini hujan masih mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Barat,” kata Mashuri.
Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021