PMI jadikan Indoor Stadium Tangerang sebagai sentra vaksinasi COVID-19

PMI jadikan Indoor Stadium Tangerang sebagai sentra vaksinasi COVID-19

Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said (kedua kiri) didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kedua kanan) saat meninjau langsung Indoor Stadium yang akan dijadikan sentra vaksinasi di Kabupaten Tangerang (Azmi Samsul Maarif)

Tangerang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) akan menjadikan Indoor Stadium Indomilk Arena Kabupaten Tangerang sebagai lokasi pusat atau sentra vaksinasi COVID-19, guna mendukung akselerasi percepatan penyuntikan vaksin hingga 35 ribu dosis per hari.

Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said di Tangerang, Selasa, mengatakan vaksinasi sebagai bagian dari program organisasi membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19.

Baca juga: Sudirman Said: PMI adakan vaksinasi untuk percepat penanganan COVID-19

"Kita sedang mencari titik-titik secara logistik memadai untuk mempercepat vaksinasi. Kita nanti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan daerah yang juga tinggi kasusnya. Dimulai dari Kabupaten Tangerang. Mudah-mudahan dengan dukungan dari Pak Bupati Tangerang dan pemerintah daerah serta PMI di sini, vaksinasi bisa terlaksana," katanya.

Dimana, kata dia, dalam memilih titik lokasi yang akan dijadikan sentra vaksinasi tersebut ada empat provinsi, termasuk di Banten yang dimulai di Kabupaten Tangerang.

Ia menuturkan untuk waktu pelaksanaan vaksinasinya sampai saat ini masih dalam persiapan. Namun, dipastikan pada bulan Juli atau Agustus 2021 program tersebut dapat dilaksanakan.

"Kita terus mendukung langkah pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19, salah satunya vaksinasi. Sesuai dengan arahan dari Ketua Umum PMI untuk mendukung langkah pemerintah dalam vaksinasi. Di kantor PMI pusat juga masih rapat membahas vaksinasi ini," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan pemerintah daerah, khususnya Pemkab Tangerang menyambut baik dengan adanya pelaksanaan vaksinasi dari berbagai organisasi maupun elemen masyarakat.

Baca juga: IFRC beri dukungan vaksinasi COVID-19 untuk 500 juta orang

Baca juga: PMI: Penerima vaksin COVID-19 tidak bisa langsung donor darah


"Kami dari Kabupaten Tangerang menyambut baik apabila ada program vaksinasi dari PMI pusat dan daerah," ujarnya.

Ia menilai dengan diselenggarakannya program vaksinasi oleh PMI yang dipusatkan di Kabupaten Tangerang, akan membantu mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat, sehingga pandemi COVID-19 di daerah itu dapat teratasi.

"Tentu kita mengapresiasi dan menyambut baik program PMI pusat terkait vaksinasi ini," kata Bupati A Zaki.
Pewarta : Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021