Program TMMD di Aceh bangun 6,5 kilometer jalan

Program TMMD di Aceh bangun 6,5 kilometer jalan

Dokumentasi TMMD di Kabupaten Aceh Tengah. ANTARA/Dokumentasi Kodim Aceh Tengah

Banda Aceh (ANTARA) - Program TNI Manunggal Desa (TMMD) yang digelar di sejumlah kabupaten di Provinsi Aceh pada 2021 membangun jalan untuk masyarakat sepanjang 6,5 kilometer.

Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda, Kolonel Arh Sudrajat, di Banda Aceh, Kamis, mengatakan TMMD ke-111 itu dilaksanakan di tiga yakni daerah, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Singkil, dan Kabupaten Simeulue.

Baca juga: TMMD di Aceh bangun 9,8 kilometer jalan

"Di tengah kewaspadaan pandemi Covid-19, program TMMD dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, termasuk wilayah teritorial Kodam Iskandar Muda dengan membangun 6,5 kilometer jalan," kata Sudrajat.

Tiga wilayah program TMMD ke-111 di Aceh yakni Kodim 0108/Aceh Tenggara. TMMD di kabupaten itu membangun jalan sepanjang 1,5 kilometer. Selain itu, TMMD juga merehabilitasi rumah tidak layak huni dan perbaikan meunasah.

Baca juga: TMMD Aceh Barat buka jalan 6,5 km

Kemudian, TMMD di wilayah Kodim 0109/Aceh Singkil membangun jalan sepanjang 1,9 kilometer jalan. Selain itu, normalisasi parit sepanjang 2,5 kilometer.

"Serta pembuatan dua unit gorong-gorong, pemasangan 50 keping bronjong, pembuatan 30 meter talud, dan pembuatan jembatan pelat," kata Kolonel Arh Sudrajat.

Sedangkan TMMD di wilayah Kodim 0115/Simeulue membangun jalan baru sepanjang tiga kilometer dengan pengerasan sepanjang dua kilometer serta pembuatan tiga unit jembatan kayu.

Baca juga: TMMD Aceh Barat buka jalan 6,5 km

Kolonel Arh Sudrajat mengatakan, TMMD merupakan implementasi tugas operasi operasi militer selain perang, yakni memberdayakan potensi wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya.

"Infrastruktur yang dibangun dalam program TMMD tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TMMD yang melibatkan masyarakat ini juga untuk meningkatkan semangat kebersamaan, gotong royong, dan cinta tanah air," kata dia.

Baca juga: Kemenag dilibatkan dalam TMMD ke-94 di Aceh Barat
Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021