Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak banjir di Jerman telah mengungsi ke rumah-rumah WNI lainnya atau fasilitas pemerintah setempat.

Berdasarkan data KJRI Frankfurt, WNI yang terpaksa mengungsi terdiri dari lima keluarga yang tinggal di Bad Neuenahr-Ahrwelle dan dua keluarga di Erfstadt (Koeln).

“Saat ini kondisinya baik dan memiliki logistik yang cukup,” ujar Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha melalui pesan singkat, Sabtu.

Judha memastikan sampai saat ini tidak ada laporan soal WNI menjadi korban jiwa akibat bencana tersebut.

“KJRI Frankfurt memonitor terus perkembangan di lapangan dan mengupayakan berikan bantuan kepada WNI terdampak,” tutur dia.

Hingga Jumat (16/7), korban tewas akibat banjir parah di Jerman barat bertambah menjadi 81 jiwa.

Sekitar 1.300 orang di distrik Ahrweiler, Koeln selatan, hilang, kata pemerintah setempat melalui Facebook. Jaringan telepon seluler di sejumlah daerah yang dilanda banjir terputus, sehingga keluarga dan rekan-rekan tidak dapat melacak kerabat mereka.

Seluruh komunitas hancur setelah sungai yang meluap menyapu kota dan desa di Negara Bagian North Rhine-Westphalia dan Rhineland-Palatinate.

Pada Jumat pagi, rumah-rumah di Erftstadt dekat Koeln hancur. Tim penyelamat berjuang membantu warga yang nekat kembali ke rumah meski ada peringatan, kata pemerintah distrik Koeln.

Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer mengatakan kepada majalah Spiegel bahwa pemerintah federal berencana memberikan bantuan finansial kepada daerah yang terdampak secepat mungkin.

Ia menambahkan rencana itu harus diajukan kepada kabinet untuk mengantongi persetujuan.

Baca juga: Banjir parah di Jerman sebabkan 81 orang tewas, 1000 lebih hilang

Baca juga: Banjir landa Eropa, sedikitnya 33 orang tewas


 

Puluhan korban tewas dalam banjir besar di Jerman

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021