Kapolda Metro ingatkan anggota bersikap santun dalam PPKM Darurat

Kapolda Metro ingatkan anggota bersikap santun dalam PPKM Darurat

Sejumlah petugas Kepolisian memberhentikan kendaraan yang melintas di pos penyekatan Tol Jakarta-Cikampek di KM 31, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat Sabtu (17/7/2021). ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/nz.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran mengingatkan anggota untuk bersikap santun dalam menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Kami ingatkan kepada anggota untuk bersikap santun namun tetap menegakkan hukum," kata Fadil di Jakarta, Minggu.

Baca juga: MRT Jakarta tutup sementara tiga stasiun mulai Minggu

Ia mengatakan penyekatan yang saat ini dilakukan oleh anggota di sejumlah titik tidak menggunakan konsep struktural, melainkan konsep pendekatan kemitraan (community partnership).

Menurut Fadil, penegakan aturan tidak akan bisa sukses jika hanya dilakukan sendiri oleh aparat. Tapi aturan baru sukses ditegakkan manakala seluruh elemen ikut bergerak.

Baca juga: Warga Ancol Jakarta Utara alami PHK saat PPKM Darurat

"Dimulai dari diri sendiri, keluarga sendiri, lingkungan sendiri, insyaAllah semuanya aman berjalan dengan baik," ujar Fadil.

Pemerintah Daerah, Komando Daerah Militer Jayakarta dan Polda Metro Jaya hanya memfasilitasi penegakan aturan itu dengan menawarkan konsep one gate system. Namun, jalannya aturan itu semua tergantung oleh seluruh perangkat masyarakat.

Baca juga: Pemkot Jaktim gandeng tokoh agama untuk sosialisasi perayaan Idul Adha

Dengan pengelolaan yang baik, insyaAllah semua bisa menjadi baik dan akan menjadi pola baru dalam menghadapi varian delta virus SARS-COV-2 itu, kata dia.
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021