Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, berencana mengadopsi program "Geulis" atau Gerakan untuk Lingkungan Sehat yang dikembangkan oleh Institut Pertanian Bogor.

Kepala Humas Institut Pertanian Bogor, Henny Windarti, Minggu, di Bogor, Jawa Barat, mengemukakan, Pemkab Pelalawan mengemukakan ketertarikan serta menyampaikan harapannya untuk mengadopsi program "Geulis" IPB.

Menurut Henny Windarti, program "Geulis" IPB merupakan model pengembangan lingkungan yang sehat, bersih dan ramah lingkungan yang dikembangkan oleh IPB.

Program "Geulis" diprakarsai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat atau LPPM IPB.

LPPM menjadikan Kampung Sengked, Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, sebagai pusat pengembangan program "Geulis" IPB.

Pada kampung "Geulis" yang dibina IPB tersebut, LPPM mengajari masyarakat yang tinggal di sekitar kampus IPB mengenai pengelolaan sampah yang baik, pembuatan kompos, pembuatan pupuk cair hingga pemilahan sampah.

Selain itu, lanjut Henny Windarti, LPPM IPB juga mengajari warga setempat cara pengembangan kerajinan dan ekonomi kerakyatan hingga pengelolaan pemasaran yang baik atas berbagai produk yang dihasilkan.

"Model pengembangan kampung lingkungan sehat ala IPB akan diadopsi oleh Pemkab Pelalawan, karena dinilai cukup baik dalam mengembangkan lingkungan yang sehat dan bersih," papar Henny Windarti.

Harapan Pemkab Pelalawan mengadopsi model pengembangan kampung sehat ala IPB, ditunjukkan dengan pengiriman 28 kepala dan sekretaris desa di lingkup daerah setempat ke kampus IPB Darmaga pada 1 Oktober.

Kunjungan tersebut dimaksudkan sebagai upaya membekali para aparatur desa di Pelalawan dengan berbagai pengetahuan seputar pengembangan konsep lingkungan sehat dari para pakar IPB," demikian Henny Windarti.(*)
(ANT-053/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010