Jakarta (ANTARA) - Kepala seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Jakarta Selatan Kusniati Odilia mengatakan tidak ada memiliki rumah potong hewan ruminansia (RPH-R).

“Untuk Jakarta Selatan tidak ada rumah potong hewan ruminansia. Namun, ada tempat pemotongan hewan kurban yang di luar RPH”, kata Kusniati Odilia saat dihubungi di Jakarta, Senin.
​​
RPH Ruminansia merupakan tempat pemotongan hewan pemamah biak, seperti lembu, biri-biri, dan lainnya.

Kusniati menyebutkan untuk tempat pemotongan hewan kurban yang di luar RPH berada di masjid, mushola, halaman perkantoran, atau tempat lainnya.

Dia berharap agar dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban nanti, setiap panitia dan petugas pemotongan hewan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga terhindar dari potensi penyebaran COVID-19.

“Kepada para panitia pemotongan dan petugas di tempat pemotongan hewan kurban, harus memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan, penerapan ‘hygiene’ personal, penerapan jaga jarak, pemeriksaan kesehatan awal dan penerapan kebersihan peralatan/sarana,” kata dia.

Sebelumnya pihak Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan telah memeriksa sebanyak 15.331 hewan kurban, yang terdiri dari 278 ekor sapi, 74 ekor kerbau, 9.617 ekor kambing, dan 1.091 ekor domba.

Kusniati menuturkan semua hewan kurban yang telah diperiksa tersebut dalam keadaan sehat dan layak untuk disembelih pada Idul Adha yang jatuh pada Selasa, (20/7).

"Dari yang dilaporkan tidak ada yang tidak sehat. Iya semuanya dalam keadaan sehat," kata dia.

Baca juga: Pembagian daging kurban tak dianjurkan pakai kupon antrean di Jakut
Baca juga: Pemkot Jakarta Selatan periksa 15.331 hewan kurban
Baca juga: Panitia kurban wajib jalani pemeriksaan kesehatan


Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021