Kami sudah menyampaikan surat edaran dan sosialisasi. Saya mengimbau umat Muslim yang merayakan Idul Adha agar tetap menegakkan disiplin protokol kesehatan
Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan memastikan masjid-masjid yang melaksanakan Shalat Idul Adha pada Selasa pagi akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan COVID-19.

"Saya bersama Pak Kapolres dan Dandim beserta Forkompinda sudah melakukan pengecekan ke sejumlah masjid. Kami pastikan pelaksanaan Shalat Idul Adha menerapkan Prokes sesuai ketentuan," katanya.

Beberapa masjid itu telah pun menyiapkan tempat cuci tangan, masker, dan alat pengukur suhu tubuh, katanya usai mengikuti pengecekan dan patroli gabungan di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin malam.

Menurut dia, pihaknya bersama Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu juga sudah menyampaikan surat edaran berisi petunjuk teknis pelaksanaan ibadah Idul Adha di masjid dan surau dengan menerapkan prokes.

Baca juga: Anies minta warga DKI patuhi prokes saat berkurban

"Kami sudah menyampaikan surat edaran dan sosialisasi. Saya mengimbau umat Muslim yang merayakan Idul Adha agar tetap menegakkan disiplin protokol kesehatan," kata Fransiskus.

Ia juga mengimbau seluruh umat Muslim dapat menjadi contoh bagi warga masyarakat lain dalam menerapkan protokol kesehatan.

Fransiskus Diaan menegaskan pandemi COVID-19 terus berlanjut, dan pemerintah bersama berbagai pemangku kepentingan berupaya semaksimal mungkin melindungi masyarakat agar tidak tertular COVID-19.

"Lebih baik kita menjaga dan saling mengingatkan agar kita sama-sama berdisiplin dalam menerapkan prokes," katanya.

Baca juga: Ini dua wilayah di Jakpus yang berpotensi langgar prokes Idul Adha
 
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2021