Hanya kebersamaan yang bisa menjadi alat bagi Indonesia keluar dari wabah
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengemukakan perilaku patuh terhadap protokol kesehatan (prokes) merupakan wujud berkurban demi kepentingan bersama dalam mengantisipasi penularan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

"Bagi yang belum mampu berkurban hewan, saya kira cukup berkurban dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Artinya ketaatan kita pada prokes merupakan wujud pengorbanan yang besar bagi keselamatan diri dan orang lain,” kata LaNyalla dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut LaNyalla semangat berkurban pada Hari Raya Idul Adha tidak hanya berupa kambing atau sapi. Berkurban bisa dilakukan dalam bentuk lain, terutama di tengah kondisi pandemi yang membuat semua masyarakat terdampak.

“Berkurban kambing atau sapi memang syaratnya seperti itu. Tetapi lebih mendalam lagi sebenarnya makna berkurban adalah semangat membantu sesama, apalagi bagi mereka yang membutuhkan,” ujar LaNyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI itu mengatakan kurban bisa berupa apa saja sesuai dengan kemampuan seseorang dan kebutuhan masyarakat.

LaNyalla mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, tidak keluar rumah apabila tidak perlu, kemudian mengikuti vaksinasi.

Dikatakan LaNyalla pandemi menjadi ujian akan solidaritas dan kepekaan sosial masyarakat. Dia berharap meski kondisi sangat berat, masyarakat terus berikhtiar dan tetap kedepankan rasa saling peduli dan tolong menolong.

Baca juga: Paspampres terima hewan kurban dari Kapolri hingga Sekda DKI

Baca juga: Anies ingatkan risiko terkait masih ada yang shalat id berjamaah


“Hanya kebersamaan yang bisa menjadi alat bagi Indonesia keluar dari wabah. Mari di momen Idul Adha ini kita niatkan lagi untuk selalu berkurban bagi keselamatan diri, lingkungan dan negara. Semoga bangsa Indonesia selalu dilindungi dan diberi rahmat,” katanya.

Sementara itu LaNyalla turut merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 hijriyah dengan menyerahkan hewan kurban, berupa dua ekor sapi jenis limosin ke panitia kurban Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa.

LaNyalla tak lupa menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 2021 kepada umat muslim di seluruh Nusantara.

Selain LaNyalla, penyerahan hewan kurban juga dilakukan Sekjen DPD RI, Rahman Hadi, yang menyerahkan satu ekor sapi dan satu kambing. Penyerahan hewan kurban juga dihadiri Senator asal Aceh, Fachrul Razi. Sementara Deputi Bidang Administrasi, Lalu Niqman Zahir, menjadi pihak penerima mewakili panitia kurban DPD.

Menurut LaNyalla, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian yang diharapkan bisa meringankan beban masyarakat di tengah pandemi untuk didistribusikan bagi karyawan lingkungan DPD yang membutuhkan, seperti tukang kebun, petugas kebersihan, pamdal dan lain-lain. Selain itu distribusi daging juga akan menyasar masyarakat luar melalui tim dari DPD RI.

Baca juga: Ketua DPD minta Pemda atur lokasi penjualan hewan kurban

Baca juga: Hari Raya Idul Adha di Niujie tanpa pemotongan hewan kurban

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021