Jakarta (ANTARA) - Tim nasional sepak bola wanita Swedia secara mengejutkan berhasil mengalahkan juara dunia Amerika Serikat (AS) 3-0 di Stadion Tokyo dalam pertandingan pembukaan mereka pada Olimpiade 2020.

Penyerang Stina Blackstenius mencetak gol pada babak pertama dan kedua, sebelum pemain pengganti Lina Hurtig melengkapi kemenangan dengan gol ketiga melalui sundulan saat laga tersisa 20 menit tersisa, seperti dikutip BBC Sports, Rabu. 

Kekalahan tersebut mematahkan catatan tidak terkalahkan timnas wanita AS dalam 44 pertandingan menuju Olimpiade.

AS tersingkir oleh Swedia yang kemudian memenangkan medali perak melalui adu penalti pada laga perempat final Olimpiade lima tahun lalu.

Baca juga: Kontra Chile, tim sepak bola putri Inggris diminta kendalikan emosi 

Swedia tidak diperkuat kapten Chelsea Magdalena Eriksson, sedangkan AS memulai dengan pemain kunci Rose Lavelle, Sam Mewis, Alex Morgan, Tobin Heath dan Lindsey Horan.

Dalam pertandingan lainnya, penyerang veteran Marta mencetak dua gol saat timnas wantia Brazil mengalahkan China 5-0. 
 
Gelandang timnas Brazil Marta sesaat sebelum mencetak gol dalam pertandingan sepak bola lawan China di Olimpiade Tokyo 2020 di Miyagi Stadium, Miyagi, Rabu (21/7/2021). ANTARA/AFP/Kohei Chibagara


Marta menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam lima Olimpiade berturut-turut, sehingga totalnya menjadi 12.

Sedangkan bek berusia 43 tahun Formiga memperpanjang rekornya sebagai pemain yang bermain di tujuh Olimpiade cabang olahraga sepak bola wanita sejak diperkenalkan pertama kali pada 1996. 

Baca juga: Atlet Chile jadi peserta pertama mundur dari Olimpiade karena COVID-19 
Baca juga: Singapura bikin prangko khusus Olimpiade Tokyo 
Baca juga: 15 pemimpin dunia akan hadiri upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021