COVID-19 semakin luar biasa di Medan
Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan kasus positif COVID-19 masih terus mengalami peningkatan sangat tajam yang disebabkan karena masih banyak masyarakat mengabaikan protokol kesehatan, sehingga penyebarannya sulit dikendalikan.
 
"Kasus di Kota Medan awalnya rata-rata 40-60, meningkatkan sampai dengan 200, kemarin tembus sekitar 560. Ini menandakan penyebaran COVID-19 semakin luar biasa di Medan," katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal pelaku sektor jasa keuangan di Hotel Santika Dyandra Medan, Senin.
 
Sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Medan terus mempercepat program vaksinasi dan juga telah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai 2 Agustus 2021.
 
Untuk itu Wali Kota meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara ketat tidak hanya di masa PPKM saja, namun sampai adanya pencabutan status PPKM level 4 yang saat ini diberlakukan di Kota Medan.

Baca juga: Bobby Nasution minta rumah sakit tambah tempat tidur pasien COVID
Baca juga: BIN gelar pelayanan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah di Medan
 
Menurut dia, pelaksanaan PPKM ini tidak hanya bertujuan untuk menekan mobilitas, namun untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan pada kehidupan sehari-hari.
 
"Dengan adanya PPKM level 4, kita lihat fluktuasinya kemarin menurun dari 500, 400 hingga 200. Namun ketika ada dilonggarkan, naik lagi menjadi 500. Nah ini yang harus kita maknai, bukan berarti PPKM selesai, enggak ada lagi prokes, PPKM mengajarkan untuk hidup sehari-hari dengan prokes," katanya.
 
Sementara itu, data terbaru Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat, jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Medan mencapai 24.904 orang, setelah adanya penambahan 521 orang ter tanggal 25 Juli 2021.
 
Kemudian, untuk angka kesembuhan mencapai 19.141 orang dan angka kematian mencapai 665 orang.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Medan bertambah 404 orang dalam sehari
Baca juga: Pemesanan peti jenazah di Medan meningkat akibat COVID-19
Baca juga: Gubernur Sumut: PPKM Darurat di Medan tunggu keputusan pusat
 
 

Bobby Nasution ajak warga lakukan gerakan peduli isolasi mandiri

 
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021