Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, kerelaan untuk berkorban, kesediaan untuk menjadi teladan, sekaligus pelopor meringankan beban dan kesulitan rakyat merupakan esensi peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara.

"Inilah makna sesungguhnya dari Hari Bakti TNI Angkatan Udara," kata Kasau saat memimpin Upacara Militer Peringatan ke-74 Hari Bakti TNI Angkatan Udara di Gedung Dewanto Mabesau, Cilangkap, Kamis.

Marsekal Fadjar mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara mengenang kembali peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 29 Juli 1947 silam.

"Sebagai insan dirgantara, sangat penting untuk terus mengenang peristiwa heroik ini, khususnya untuk senantiasa menumbuhkan semangat pengabdian para generasi penerus," tutur mantan Pangkogabwilhan II ini dalam siaran persnya.

Kebutuhan akan pengabdian TNI AU, lanjut Kasau, menjadi semakin tinggi dengan adanya wabah virus corona yang masih melanda tanah air dan memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia.

Baca juga: Evaluasi kekerasan melibatkan anggota TNI harus secara kelembagaan
Baca juga: Kasau ganti Danlanud beserta Dansatpom Lanud JA Dimara Merauke
Baca juga: Anggota DPR: Hentikan narasi provokatif soal penganiayaan di Merauke


Menurut Kasau, di tengah kondisi sulit ini, TNI Angkatan Udara harus dapat menjadi pelopor dan mengajak masyarakat untuk terus menumbuhkan optimisme sebagai suatu bangsa.

"TNI Angkatan Udara telah dan akan senantiasa memberikan upaya terbaik, guna membantu pemerintah dalam mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional," ujar Marsekal Fadjar.

Pada peringatan Hari Bakti TNI AU tahun ini, TNI Angkatan Udara telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam upaya penanganan pandemi COVID-19, diantaranya pengerahan bantuan ribuan tenaga kesehatan dan personel TNI AU, pelaksanaan vaksinasi reguler dan serbuan vaksin untuk ratusan ribu warga, dan bantuan pengisian ribuan tabung oksigen untuk puluhan rumah sakit.

Selain itu, TNI AU juga mendayagunakan Rumah Sakit TNI AU, percepatan distribusi alat kesehatan dan obat-obatan ke seluruh penjuru negeri, donor darah serta pelaksanaan kegiatan karya bakti di Provinsi Aceh.

Adapun tema peringatan adalah "Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI Angkatan Udara Siap Mendukung Percepatan Penanganan COVID-19 Menuju Tatanan Baru Untuk Indonesia Maju".

Upacara Militer ini, turut diikuti oleh sejumlah pejabat utama Mabesau dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Sementara para Panglima Kotama, Gubenur AAU dan Komandan Satuan TNI AU mengikuti upacara melalui video telekonferensi dari satuannya masing-masing.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021