HIPPINDO dorong vaksinasi percepat pemulihan ekonomi nasional

HIPPINDO dorong vaksinasi percepat pemulihan ekonomi nasional

Petugas menyuntikkan dosis vaksin kepada salah satu peserta program Sentra Vaksinasi di Surabaya, Jumat (30/7/2021). (ANTARA/Didik Suhartono)

Surabaya (ANTARA) - Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) mendorong program vaksinasi untuk mencegah COVID-19 sebagai bentuk dukungan terhadap percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Kami ingin ekonomi segera pulih, dan salah satu upayanya adalah vaksinasi kepada pelaku usaha di sektor ini," ujar Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah di sela membuka Sentra Vaksinasi di Surabaya, Jumat.

Baca juga: Vaksinasi massal di Surabaya digelar pemkot-Koarmada II 29-30 Juli

Menurut dia, ketika kekebalan komunal atau herd immunity terbentuk, kepercayaan masyarakat terhadap dunia usaha akan kembali, sehingga memicu tumbuhnya daya beli. "Pada akhirnya ekonomi kita pun menguat," ucap dia.

Sementara itu, sentra vaksinasi yang digelar oleh HIPPINDO dan Kementerian Koperasi dan UKM beserta TNI bekerja sama dengan Pemprov Jatim, FORKAS serta didukung oleh UNIQLO.

Kegiatan tersebut berlangsung di sejumlah daerah di Tanah Air. Sebanyak 250 ribu dosis vaksin Sinovac akan didistribusikan selama proses pelaksanaan.

Vaksinasi ditujukan untuk masyarakat berusia di atas 17 tahun, khususnya yang terlibat dalam ekosistem ritel, termasuk UMKM dan UKM, para supplier, distributor hingga karyawan pabrik.

Selain itu, masyarakat umum dan penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan vaksin gratis ini, dengan mendaftar melalui laman HIPPINDO.com, Halodoc dan Good Doctor.

Co Chief Operating Officer dari PT Fast Retailing Indonesia Yugo Shima menyampaikan sentra vaksinasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan dukungan kami terhadap masyarakat Indonesia.

"Kami berharap Sentra Vaksinasi dapat menjangkau masyarakat lebih luas untuk mendapatkan vaksin lebih mudah, serta menjadi upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia," katanya.

Baca juga: Vaksinasi lantatur percepat kekebalan kelompok di Surabaya

Baca juga: Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong di Surabaya dipercepat


Di tempat sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Mas Purnomo Hadi mengapresiasi sentra vaksinasi yang digelar di Surabaya dan berharap mampu membantu upaya Pemprov Jatim untuk mencapai kekebalan komunal.

"Ibu Gubernur memiliki target pada pertengahan Agustus 2021 bisa tercapai herd immunity di Jatim. Semoga dengan adanya sentra vaksinasi ini dapat membantu percepatan vaksinasi, sekaligus sebagai ikhtiar pengendalian COVID-19," tutur dia.
Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021