Pangkalpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengumpulkan seluruh personil Satgas Penanganan COVID-19, guna meningkatkan sinergi dalam pengawasan dan pengamanan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 dan 3 di daerah itu.

"Saya berharap penerapan PPKM ini dapat berjalan dengan baik, tenang dan humanis," kata Erzaldi Rosman Djohan saat memberikan arahan ke seluruh Satgas COVID-19 se-Babel di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menegaskan mulai hari ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan penerapan PPKM level 3 dan 4, sesuai perpanjangan yang ditetapkan Pemerintah Pusat hingga 9 Agustus 2021 secara ketat dan humanis untuk menekan lonjakan kasus corona yang mengalami peningkatan.

"Satgas yang tergabung dari berbagai perangkat daerah ini, akan terjun langsung ke lapangan untuk mengamankan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pelaku usaha, perihal penerapan PPKM," ujarnya.

Baca juga: Sejak pandemi, kasus COVID-19 di Bangka Barat-Babel capai 3.610 kasus

Baca juga: Pemprov Babel terapkan PPKM mikro di Pulau Sadai


Ia menyatakan dalam melakukan pengawasan, pengamanan dan sosialisasi, satgas ini akan tergabung bersama TNI/Polri dalam operasi Aman Nusa.

"Lakukan dengan humanis, jangan sok jago. Buat mereka senang dan jelas tentang PPKM ini. Saya yakin, tidak akan ada yang mau melanggar kalau kita semua melakukannya (pemberian pemahaman) dengan baik, dan aman untuk kepentingan kita bersama-sama," ujarnya.

Gubernur Erzaldi menekankan pentingnya peningkatan komunikasi antar tim yang terbagi nantinya, agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat maupun kepada pelaku usaha diterima dengan baik dan tidak bias, sehingga meminimalisir timbulnya kebingungan.

"Saya minta diulang kembali pengarahannya, bagaimana menjelaskan kepada masyarakat, khususnya terhadap warung, restoran, hiburan, dan sebagainya. Pelajari betul Inmendagri yang baru dan SK Gubernur. Saya minta tolong betul, lakukan dengan baik, tenang, dan humanis," katanya.

Ia memberikan semangat agar semua anggota yang terlibat dapat menjalankan amanah tersebut dengan baik. Ia menyebutkan jika tugas yang diemban merupakan aksi kemanusiaan.

"Terima kasih untuk semua kawan-kawan di sini (peserta apel). Semangat untuk kalian yang akan menyelenggarakan pengamanan. Kita selaku aparat sipil ikut membantu bersama-sama dalam pelaksanaan PPKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.*

Baca juga: Di desa berlakukan PPKM mikro, PT Timah salurkan suplemen dan madu

Baca juga: Satgas COVID-19 Babel berlakukan PPKM mikro di Desa Bencah

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021