Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimis industri pariwisata dan ekonomi kreatif segera pulih seiring kasus COVID-19 dan tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupation Ratio, BOR) di rumah sakit terus menurun.

"Tingkat keterisian rumah sakit sudah di bawah 60 persen dan ICU sudah di bawah 80 persen, ini akan terus menurun. Mudah-mudahan dengan kedisiplinan kita dalam penerapan PPKM Level 4. Sektor parekraf akan bangkit apabila masyarakatnya sehat," kata Sandiaga dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Kasus covid-19 di seluruh wilayah Indonesia terus mengalami penurunan sejak sepekan lalu. Tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) pun semakin bertambah seiring dengan meningkatnya angka kesembuhan pasien covid-19.

Walau begitu, Sandiaga berharap agar semua pihak tidak kembali terlena dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin harus menjadi kebiasaan baru masyarakat.

Baca juga: Menparekraf dorong mahasiswa jadi lokomotif kebangkitan ekraf

Menurut Sandiaga, kolaborasi semua pihak sangat dibutuhkan untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Perusahaan penyedia layanan perjalanan daring Trip.com memberikan bantuan penanganan COVID-19 kepada pemerintah berupa 130 unit oksigen konsentrator kepada pemerintah. Bantuan tersebut diterima oleh Menparekraf Sandiaga dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Dalam perjuangan menghadapi Covid-19 kita harus bersatu padu dan hari ini kolaborasi dari dunia usaha, pemerintah menerima bantuan. Ini adalah langkah awal, ke depan kita akan menerima juga uluran tangan dari temen-temen dunia usaha," ungkap Sandiaga Uno.

Menurut dia, sektor parekraf kini masih terpuruk karena dampak dari pandemi COVID-19. Namun, Sandiaga Uno meminta kepada seluruh pelaku usaha parekraf untuk tetap optimis dan bersemangat.

Sandiaga berpendapat, seiring dengan kepulihan sektor kesehatan di Indonesia diyakinkannya akan menyongsong pariwisata era baru yang lebih berkualitas dan berkelanjutan di masa depan.

Baca juga: Kemenparekraf dorong ekonomi syariah kembangkan sektor parekraf

"Memang saat ini parekraf sedang dalam keadaan prihatin, tapi justru di situ lahir sisi-sisi terbaik kemanusiaan kita, gotong royong. Seperti yang disampaikan Pak Menkes, 'Pelaut yang handal itu tidak lahir dari laut yang tenang, tapi justru lahir dari laut yang bergejolak'," ungkap Sandiaga Uno.

Dia berharap industri sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa melalui pandemi ini dan berubah menjadi lebih baik, yaitu pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021