Ketua DPRK minta vaksinasi booster untuk nakes Banda Aceh dipercepat

Ketua DPRK minta vaksinasi booster untuk nakes Banda Aceh dipercepat

Ilustrasi - Tenaga kesehatan sedang menerima suntikan vaksin booster Moderna, di Banda Aceh. ANTARA/HO/Humas Diskominfotik Banda Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Farid Nyak Umar mendorong pemerintah setempat untuk memaksimalkan dan mempercepat proses penyuntikan vaksin penguat (booster) untuk para tenaga kesehatan (nakes).

"Kita mendorong pemerintah kota dalam hal ini untuk segera percepat mendistribusikan vaksin Moderna untuk booster tenaga kesehatan," kata Farid Nyak Umar, di Banda Aceh, Jumat.

Farid menyampaikan, percepatan vaksin ketiga ini penting, mengingat para tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam melayani masyarakat yang terserang COVID-19, dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

"Mereka mempertaruhkan nyawa, karena itu sangat penting kita memberikan penguatan vaksin ketiga, agar mereka benar-benar terlindungi dalam menjalankan tugasnya," ujarnya.

Farid menuturkan, Forkopimda Banda Aceh juga terus memberikan dukungan terhadap suksesnya pelaksanaan vaksinasi di ibu kota Provinsi Aceh ini. Bahkan, selalu menjadi bahan evaluasi khusus.

Dalam upaya mendukung vaksinasi, kata Farid, forkopimda juga terus meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, sehingga saat ini sudah mendapatkan respons yang cukup positif dari masyarakat Banda Aceh.

"Hari ini kita lihat sangat tingginya antusias masyarakat mengikuti vaksin, bahkan vaksin kita sempat kurang. Ini bagian dari ikhtiar kita memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19," katanya pula.

Farid juga memberikan apresiasi atas kerja keras Pemerintah Banda Aceh dalam hal ini Dinas Kesehatan yang telah mampu melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat hingga tenaga kesehatan, hingga menjadi yang tertinggi capaian vaksinasi dari 23 kabupaten/kota se-Aceh.

Dalam kesempatan ini, Farid juga mengimbau dan mengajak masyarakat Banda Aceh untuk terus mengikuti vaksinasi sesuai dengan anjuran Pemerintah.

"Teruslah melakukan vaksin, baik di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, ini perlu sebagai langkah mendukung Pemerintah menangani COVID-19, dan menjaga imunitas diri masing-masing," demikian Farid Nyak Umar.

Pemerintah Kota Banda Aceh menargetkan vaksinasi penguat (booster) dosis ketiga Moderna untuk tenaga kesehatan setempat selesai hingga akhir Agustus 2021 ini.

Saat ini Kota Banda Aceh mendapatkan 4.760 dosis vaksin Moderna dari Pemerintah Aceh, diperuntukkan bagi nakes yang telah melakukan vaksin dosis kedua, dan sampai hari ini nakes yang sudah divaksin kedua di Banda Aceh sekitar 7.379 orang.
Baca juga: Bamsoet: Kawal pendistribusian vaksin Moderna antisipasi penyimpangan
Baca juga: Menkes: Vaksin 'booster' untuk nakes bisa campuran dua jenis vaksin
Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021