Mari kita dukung ini semuanya. Diharap semuanya membangun situasi kondusif baik dari sudut politik, hukum, dan keamanan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan, pemerintah dan seluruh jajaran panitia siap menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua.

"Pemerintah dan seluruh jajaran panitia yang sudah dibentuk Pemerintah baik di tingkat pusat maupun di daerah sudah siap untuk penyelenggaraan PON ini dengan prinsip mari kita sehat melalui PON dan Peparnas tetapi juga jangan lupa untuk itu menjaga protokol kesehatan," kata Mahfud dalam video dari Humas Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis.

Kedua event nasional itu akan digelar pada Oktober 2021 dan November 2021.

Baca juga: Jokowi instruksikan permasalahan sosial PON-PEPARNAS diselesaikan

Menurut dia, sebelum PON XX digelar pada 2 sampai 15 Oktober 2021 dan Peparnas pada 2 sampai 15 November 2021 ada kegiatan-kegiatan pendahuluan.

Kegiatan tersebut di antaranya pertandingan pendahuluan, kedatangan para atlet, dan sebagainya sudah akan mulai dilakukan panitia sekitar 20 sampai 23 September 2021.

Terkait fasilitas seperti venue berbagai cabang olahraga, secara umum sudah selesai semua.

Sedangkan masalah-masalah teknis lainnya akan diselesaikan semua sebelum 20 September 2021.

Selain itu, kata dia, Menpora juga sudah berkoordinasi dengan berbagai lembaga dan kementerian terkait agar dua event nasional tersebut berjalan lancar.

"Mari kita dukung ini semuanya. Diharap semuanya membangun situasi kondusif baik dari sudut politik, hukum, dan keamanan," kata Mahfud.

Baca juga: Mobile Legends, Free Fire, eFootball masuk esport di PON XX Papua
Baca juga: PB PON XX Pemprov Papua luncurkan aplikasi Papua Tourism
Baca juga: Polisi mendeteksi dini gangguan keamanan PON XX Papua

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021