33 atlet Persikota menjalani vaksinasi di Puskesmas Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas
Tangerang (ANTARA) - Sebanyak 33 atlet klub sepak bola Persikota Tangerang, Banten, menjadi peserta awal yang menjalani vaksinasi COVID-19 menggunakan vaksin jenis Pfizer

"Pada pelaksanaan tahap awal ini, 33 atlet Persikota menjalani vaksinasi di Puskesmas Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas," kata Plt Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni dalam keterangannya di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan Dinas Kesehatan mendapatkan kuota 163.800 dosis vaksin jenis Pfizer untuk 81.900 sasaran dari Kementerian Kesehatan yang disalurkan ke Puskesmas Panunggangan Barat dan RSUD Kota Tangerang.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang terima 163.800 dosis vaksin Pfizer

Ia menjelaskan vaksin jenis Pfizer memiliki perlakuan khusus yaitu tempat penyimpanan yang digunakan. Berbeda dengan jenis vaksin lainnya yang telah digunakan.

Oleh karena itu Dinas Kesehatan belum melakukan pendistribusian secara merata ke 38 puskesmas. Namun vaksin ini bisa digunakan oleh masyarakat umum dengan usia 12 tahun ke atas.

Hal lainnya tentang vaksin Pfizer yakni mengenai penggunaan. Maka itu vaksinator yang akan menggunakan jenis vaksin ini diberikan pelatihan terlebih dahulu dari mulai pengambilan, penggunaan hingga pelarutan sebelum disuntikkan.

Baca juga: Kabupaten Tangerang terima pasokan 180 ribu dosis vaksin Pfizer

Dinas Kesehatan pun akan memantau kepada sasaran yang disuntik menggunakan vaksin Pfizer sebab memiliki efek samping dari beberapa wilayah yang lebih dahulu menggunakan hanya sekedar mual, demam, nyeri pada lengan dan pusing

“Secara literatur semua vaksinasi yang ada di Indonesia itu aman, termasuk jenis Pfizer. Hanya saja secara penggunaan ada proses pelarutan yang berbeda dibanding Moderna dan Sinovac. Namun, jenis Pfizer ini memiliki efikasi vaksin yang cukup tinggi yaitu 95 persen,” katanya.

Baca juga: Kemenkes: Distribusi vaksin Pfizer diprioritaskan untuk Jabodetabek

Manager Persikota Mahdiar mengatakan vaksinasi yang diikuti pemain Persikota Tangerang bagian dalam mendukung percepatan vaksinasi dan persiapan pemain menghadapi pertandingan ujicoba yang kini terus dilakukan.

Dirinya berharap tak ada efek samping yang dialami pemain dan dapat menjadi agen dalam mendukung upaya pemerintah percepatan vaksinasi membentuk "herd immunity".

Baca juga: Kota Bekasi terima alokasi vaksin COVID-19 Pfizer

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021