Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey agar mengerahkan seluruh pejabat daerah untuk menjadi duta produk lokal melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Pelangi Sulawesi yang mengusung tema "Dari Sulawesi Menuju Mancanegara" kemarin. Simak berita lainnya di sektor perekonomian.

Gernas BBI Sulawesi, Luhut: Kerahkan pejabat jadi duta produk lokal

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey agar mengerahkan seluruh pejabat daerah untuk menjadi duta produk lokal melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Pelangi Sulawesi yang mengusung tema "Dari Sulawesi Menuju Mancanegara".

Kepala BKF Kemenkeu: Reformasi belanja negara akan diperkuat

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah terus berusaha memperkuat reformasi kebijakan fiskal, terutama dalam penyaluran belanja negara.

“Tahun 2020, 2021, dan 2022, kita akan salurkan belanja dengan sangat-sangat countercyclical seperti kebanyakan negara. Tapi hasil kita berbeda dengan negara lain dimana hasil dari kebijakan countercyclical kita cukup untuk ekonomi bertahan tidak berkontraksi terlalu dalam pada 2020,” kata Febrio dalam “Sarasehan Virtual 100 Ekonom” yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Wamenkeu sebut APBN tidak bisa selamanya menjadi bantalan ekonomi

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak bisa terus menjadi bantalan perekonomian nasional.

 

Setelah pandemi COVID-19 berhasil tertangani, konsumsi masyarakat, investasi, dan net ekspor juga diharapkan dapat kembali tumbuh tinggi. Selanjutnya belanja negara yang selama pandemi digunakan sebagai bantalan ekonomi akan dikonsolidasi untuk menurunkan defisit anggaran secara bertahap.

Kemenperin nilai prokes industri pengolahan kayu dan furnitur bagus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan protokol kesehatan (prokes) yang diterapkan industri pengolahan kayu dan furnitur terjaga dengan baik saat meninjau dua perusahaan industri pengolahan kayu dan furnitur di Tangerang.

"Pengaturan shift kerja sudah sangat baik, kemudian didukung juga dengan area pabrik yang sangat luas tetapi jumlah pekerja tidak terlalu banyak, sehingga ada ruang untuk tidak berdekatan," kata Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika lewat keterangannya diterima di Jakarta, Kamis.

Luhut: Tempat wisata harus dilengkapi aplikasi PeduliLindungi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Pelangi Sulawesi secara virtual seraya meminta pemerintah daerah setempat untuk melengkapi tempat wisata di Sulawesi dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Saya minta semua tujuan wisata Pak Gubernur, harus disiapkan aplikasi PeduliLindungi, supaya kita tidak berwisata dengan orang yang terkena varian delta, yang akhirnya bisa menularkan semua orang," kata Luhut saat menghadiri peluncuran Gernas BBI Pelangi Sulawesi secara virtual, Kamis.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021