Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan komitmen DPR untuk terus berbenah diri di peringatan HUT Ke-76 DPR RI dan lembaganya tidak akan berhenti melakukan berbagai perbaikan untuk meningkatkan kerja-kerja legislasi, pengawasan dan anggaran, sebagaimana diamanatkan konstitusi.

"Tidak ada yang hal utama bagi DPR selain aspirasi rakyat. Di ulang tahun Ke-76 ini, DPR akan terus berbenah diri dan terus belajar untuk mendengar, memahami dan menyalurkan aspirasi rakyat," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Puan akan memimpin Rapat Paripurna pada Selasa yang merupakan peringatan HUT Ke-76 DPR RI sekaligus akan menyampaikan Laporan Kinerja DPR RI Tahun Sidang 2020-2021.

Baca juga: Puan: DPR 76 tahun terus mendengar aspirasi rakyat

Baca juga: Muhaimin: HUT ke-76 RI momentum bangkit dari pandemi


Dia menyadari masih terdapat berbagai kekurangan dari DPR dalam fungsinya sebagai penyalur aspirasi rakyat. Karena itu menurut dia, segala masukan dan kritik dari masyarakat akan menjadi "pelecut" DPR untuk bekerja lebih baik lagi.

Puan juga mengingatkan seluruh wakil rakyat agar mendedikasikan diri untuk kepentingan masyarakat, terlebih di era pandemi COVID-19. Menurut dia, dibutuhkan kerja-kerja tidak kenal lelah anggota DPR agar beban rakyat diringankan di masa-masa sulit saat ini.

"DPR akan mengawasi setiap kebijakan pemerintah terkait penanganan pandemi COVID-19 agar semata-mata bertujuan untuk penyelamatan rakyat dari bencana kesehatan, bukan yang lain," ujarnya.

Rapat Paripurna peringatan HUT Ke-76 DPR RI itu akan digelar secara fisik dan virtual, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa pukul 11.00 WIB.

DPR RI turut mengundang sejumlah pimpinan lembaga negara dalam acara peringatan HUT Ke-76 tersebut. Selain itu, DPR RI juga mengundang sejumlah ketua-ketua DPR terdahulu. Peringatan HUT Ke-76 DPR RI mengambil tema "DPR RI Hebat Bersama Rakyat".

Baca juga: Anggota DPR harap momen HUT Ke-76 RI perkuat persatuan bangsa

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021