Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.000 warga mengikuti program vaksinasi massal yang diselenggarakan di Sekolah Islam Terpadu Citra Az Zahra, Kembangan, Jakarta Barat.

Tercatat ribuan warga Jakarta Barat tersebut yang terdaftar mengikuti program vaksinasi untuk dosis pertama dan kedua.

Baca juga: Pemkot Jakbar pastikan vaksinasi di sekolah dan PTM beriringan

"Hingga hari ini memang terdata ada 2.000 perserta ya baik itu yang melakukan vaksinasi pertama maupun vaksinasi kedua," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris saat memantau vaksinasi di Jakarta Barat, Selasa.

Menurut Charles, upaya yang dilakukan pihaknya beserta jajaran Pemkot Jakarta Barat ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah pusat guna mempercepat sebaran vaksin dan membentuk kekebalan kelompok.

Hingga saat ini, Charles mengatakan pemerintah pusat telah menyebarkan vaksin terhadap 60 juta warga di Indonesia.

"Kemarin bahwa angka vaksin di Indonesia sudah mencapai 60 juta dan kalau kata pak Menkes itu peringkat ke enam di dunia jadi kita mengapresiasi," ujar Charles.

Dengan capaian tersebut, tak heran angka sebaran COVID-19 belakangan sudah mulai menurun di beberapa daerah, termasuk Jakarta.

Alhasil, lanjut dia, mayoritas wilayah di Jakarta kini tidak lagi berstatus zona merah selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Baca juga: 168 pelaku UMKM di Cengkareng ikut program vaksinasi massal

Walaupun status DKI Jakarta tergolong sudah aman, Charles kembali mengingatkan warga agar tidak abai dengan protokol kesehatan.

Dia berharap euforia masyarakat terhadap kelonggaran pada PPKM Level 3 bukan menjadi bumerang yang berujung peningkatan jumlah kasus COVID-19.

"Jadi kewaspadaan juga harus jadi perhatian kita semua," tutur dia.

Untuk diketahui, berbagai program vaksinasi massal telah bergulir sejak Juli lalu di DKI, salah satunya kawasan Jakarta Barat. Salah satu programnya, yakni "Vaksinasi Merdeka" yang digelar oleh Polres Metro Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo memastikan saat ini program Vaksinasi Merdeka di wilayahnya telah mencapai 240.000 warga.

Peserta vaksinasi tersebut mengikuti program Vaksinasi Merdeka di gerai yang tersebar di seluruh kecamatan wilayah Jakarta Barat.

"Closing-nya 240.000 orang. Kalau kita bilangnya tercapai target maksimal karena enggak mungkin 100 persen," kata Ady.

Walau sudah mencapai angka 240.000 peserta, program Vaksinasi Massal bentukan Polda Metro Jaya itu akan terus bergulir.

Baca juga: 632 warga ikuti vaksinasi di Gereja Santa Maria Imakulata Kalideres

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021