Kolinlamil berkomitmen tekan penyebaran COVID-19 di kawasan pelabuhan

Kolinlamil berkomitmen tekan penyebaran COVID-19 di kawasan pelabuhan

Petugas Dinas Kesehatan Kolinlamil TNI AL tengah menyuntik vaksin COVID-19 ABK kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (3/9/2021). (ANTARA/HO-Dispen Kolinlamil)

Jakarta (ANTARA) -
Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut berkomitmen memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kawasan pelabuhan dengan melakukan serbuan vaksinasi.

Satgas COVID-19 Kolinlamil melakukan serbuan vaksinasi yang bekerja sama dengan PT Pelni dengan mendatangi anak buah kapal (ABK) niaga yang belum tervaksin di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat.

Kepala Kantor cabang PT Pelni Tanjung Priok Indria Priatna, Jumat, mengatakan, kegiatan itu, selain untuk melindungi pekerja, juga sebagai bentuk dukungan terhadap program vaksinasi yang dilakukan pemerintah melalui TNI AL.

"Vaksin ini wajib untuk semua karyawan. Yang tidak mau vaksin jika memang yang bersangkutan tidak ada kendala apapun, silakan tidak bekerja di area kita," tegasnya.

Baca juga: TNI AL vaksinasi santri di pelosok Garut dan Tasikmalaya

Pelabuhan merupakan tempatnya sentra ekonomi dengan banyak pekerja seperti operator pelabuhan, para pengemudi, tenaga bongkar muat, serta pekerja pendukung pelabuhan. Dengan peran yang vital tersebut, maka para pekerja tersebut harus divaksin.

"Untuk itu Satgas COVID-19 Kolinlamil TNI AL bergerak cepat dengan menyasar para ABK kapal utamanya agar semua pekerja harus dalam kondisi sehat agar sentra ekonomi atau pelaksanaan perekonomian di Pelabuhan ini tidak terhenti," kata Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma dalam siaran persnya.

Pelabuhan juga merupakan tempat bongkar muat dan masuknya kapal-kapal asing yang membawa barang ekspor-impor. Dan juga kapal-kapal yang melakukan bongkar muat antar pulau berkat program tol laut sehingga perlu dilaksanakan vaksin.

Satgas COVID-19 Kolinlamil TNI AL mengakui terdapat kendala khususnya vaksinasi terhadap ABK kapal karena mereka tidak bisa meninggalkan kapal sehingga pihaknya yang pro aktif mendatangi kapal-kapal untuk pelaksanaan vaksinasi.

Sementara, untuk vaksinasi yang kedua akan diusahakan untuk bisa dilakukan dimana saja mengingat mereka melaksanakan pelayaran dalam waktu yang lama.

Dalam serbuan vaksin kali ini, Satgas COVID-19 Kolinlamil memvaksin 20 awak kapal KM Meratus Medan 2. Mereka baru saja sandar sehingga dengan kedatangan Satgas COVID-19 tepat untuk menerima vaksinasi.

"Kami bersyukur saat sandar, pas datang serbuan vaksin TNI AL dari Kolinlamil. Terima kasih TNI AL dengan serbuan vaksin ini kami sangat terbantu," kata Kapten KM Meratus Medan 2 I Dewa Putu Gede S.

Jika ada karyawan yang belum mendapatkan karena berhalangan, kata dia, pihaknya akan merekomendasikan mereka untuk bisa melakukan vaksin mandiri di Balai Kesehatan Dinas Kesehatan Kolinlamil.

"Bagi karyawan yang belum divaksin karena sakit, melakukan perjalanan dinas atau cuti setelah ini kami rekomendasikan ke Balai Kesehatan Dinas Kesehatan Kolinlamil," ujar pensiunan TNI AL ini.

Baca juga: TNI AL vaksinasi COVID-19 warga pesisir Aceh di Lhokseumawe
Baca juga: TNI AL sampaikan pandangan mengenai RUU Landas Kontinen

 
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021