Banda Aceh (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh membidik peringkat 15 perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada 2-13 Oktober 2021.

"Target peringkat 15, menaikkan peringkat PON sebelumnya. Kita optimistis bisa memperbaiki peringkat dengan masuk peringkat 15 PON Keduapuluh,"kata Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar di Banda Aceh, Rabu, seraya menyatakan Aceh terus mematangkan persiapan atlet menjelang berangkat ke Papua.

Pada PON ke-19 di Jawa Barat, Aceh menduduki peringkat 17 dengan delapan medali emas, tujuh medali perak, dan sembilan medali perunggu.

Kamaruddin mengatakan Aceh mengirimkan 146 atlet dari 25 cabang olahraga dan sejumlah ofisial serta pelatih.

Baca juga: KONI Jambi janjikan hadiah uang untuk semifinalis PON Papua

Menurut Kamaruddin, atlet sudah bersiap hampir dua tahun dengan sistem disentralisasi dan sentralisasi dalam pemusatan latihan daerah.

"Persiapan sudah maksimal dan kini sudah masuk prakompetisi. Para atlet kita sudah siap memberikan prestasi terbaik kepada masyarakat Aceh," kata Kamaruddin.

Sekretaris Umum KONI Aceh Nasir Syamaun mengatakan peringkat Aceh dalam PON terakhir menunjukkan peningkatan. Pada PON 2012 di Riau, Aceh berada pada peringkat 25.

"Selanjutnya, dalam PON 2018 di Provinsi Jawa Barat, Aceh berada pada peringkat 17. Kami optimistis Aceh berada pada peringkat 15 di PON XX 2020 di Provinsi Papua," kata Nasir.

Baca juga: Kontingen PON Sultra berangkat bertahap ke Papua

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021