Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak semua pihak untuk mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 di lima daerah di Provinsi Papua.

Mendagri Tito Karnavian dalam keterangannya di Jakarta Jumat, mengatakan lima daerah tersebut yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Selain sebagai upaya mencegah penularan COVID-19, langkah itu juga untuk mendukung gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan berlangsung di Papua pada 2 hingga 15 Oktober 2021. Mendagri mengatakan dengan vaksinasi itu masyarakat dapat turut menonton ajang tersebut.

"Kami menyampaikan bahwa prinsip utamanya penonton ini adalah yang sudah divaksinasi," ucap Mendagri.

Baca juga: Menkopolhukam dan Mendagri tinjau kesiapan PON di Papua

Baca juga: Menko PMK ajak warga Papua percepat vaksinasi jelang PON


Percepatan vaksinasi menurut Mendagri Tito juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Untuk mempercepat langkah tersebut, Presiden telah memerintahkan Menteri Kesehatan, Panglima TNI, Kapolri, dan jajaran pemerintah Provinsi Papua.

Mendagri mengatakan, Presiden menginginkan agar penyuntikan dosis pertama vaksinasi rampung pada akhir September ini.

Ia menyampaikan saat ini jajaran Polda dan Pangdam telah bekerja keras membantu Pemerintah Provinsi Papua untuk mempercepat laju vaksinasi.

"Nah, mohon bantuan kepada seluruh masyarakat Papua, terutama di lima daerah itu dan tokoh-tokoh masyarakat untuk mendorong masyarakat untuk mau divaksinasi," ujar Mendagri.

Baca juga: Menko Airlangga: Vaksinasi di lokasi PON XX Papua jadi prioritas

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021