Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur mencatat hingga Senin (13/9) kemarin capaian vaksinasi COVID-19 di provinsi berbasis kepulauan itu untuk dosis pertama baru mencapai 956.886 orang atau 24.97 persen dari jumlah sasaran 3,8 juta orang.

"Kita masih di bawah 10 nasional capaian vaksinasi kita untuk dosis pertama, sehingga akan kita percepat pelaksanaan vaksinasi ini," kata Kadis Kesehatan Mese Ataupah kepada ANTARA di Kupang, Senin.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan capaian vaksinasi COVID-19 di Nusa Tenggara Timur yang terbilang masih rendah dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia.

Ia mengatakan untuk capaian vaksinasi dosis kedua sendiri saat ini baru mencapai 501.269 orang atau dengan prosentase 13.08 persen.

Namun kata dia per harinya capaian vaksinasi akan terus mengalami peningkatan mengingat kegiatan vaksinasi COVID-19 terus dilakukan di sejumlah daerah di NTT.

"Dari jumlah itu masih ada 3,3 juta atau 86 persen masyarakat di NTT belum terima vaksin COVID-19," ujar dia.

Baca juga: Vaksinasi pelajar SMA/SMK di NTT bertambah jadi 5.600 orang
Baca juga: 13 kelurahan di Kota Kupang masih berstatus zona merah COVID-19


Saat ini tambah Mese capaian vaksinasi COVID-19 di NTT yang paling terendah adalah pada kelompok remaja yakni 18.179 orang atau 3,12 persen sementara vaksin kedua 11.005 orang atau 1,89 persen.

Hal ini ujar dia karena pelaksanaan vaksinasinya baru dimulai pada 1 Juli 2021 dan pelaksanaannya disesuaikan dengan ketersediaan vaksin di fasilitas kesehatan.

Terkait pelaksanaan vaksinasi di sejumlah daerah yang digelar oleh berbagai pihak Mese menyampaikan apresiasinya dan hal itu menurut dia sangat membantu pemerintah provinsi dalam mempercepat vaksinasi COVID-19 sehingga herd immunity juga dapat tercipta.

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat mulai vaksinasi ibu hamil dan menyusui
Baca juga: Satgas COVID-19 NTT dapat surat teguran dari Polisi



#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungkitasemua
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021